Kalimat Minal Aidin wal Faizin Ternyata Tidak Populer di Arab

Kalimat Minal Aidin wal Faizin Ternyata Tidak Populer di Arab

Foto: Istimewa.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Kalimat 'Minal Aidin wal Faizin' kerap diucapkan oleh umat Islam di Indonesia pada momentum raya Idul Fitri. Banyak orang menganggap ungkapan tersebut sebagai permohonan maaf sesama muslim, benarkah demikian?

Meski berasal dari bahasa Arab, di negara Arab Saudi sendiri kalimat Minal Aidin wal Faizin tidak populer, sebagaimana dijelaskan dalam buku Dakwah Cerdas karya Dra Udji Asiyah MSi. Menurutnya, ungkapan tersebut merupakan budaya lokal Indonesia.

Selain itu, penyebutan Minal Aidin wal Faizin selalu disambung dengan "Mohon maaf lahir dan batin," seakan-akan itu merupakan arti dari ungkapan tersebut. Padahal, dalam bahasa Arab bukan itu maknanya.

Minal Aidin artinya golongan yang kembali, sedangkan wal Faizin berarti golongan yang menang. Jadi, makna Minal Aidin wal Faizin secara lengkap berarti "Semoga kita semua termasuk golongan yang kembali (fitrah, suci) dan termasuk orang yang meraih kemenangan (melawan hawa nafsu)."

Hafiz al Maqdisi selaku ahli hadits menjelaskan, terdapat perbedaan pendapat antara para ulama terkait ucapan Idul Fitri, ini diungkapkan melalui Syekh al Hafiz al Mudziri.

Ia berpendapat bahwa ucapan Minal Aidin wal Faizin tidak diwajibkan maupun dilarang.

BACA JUGA:Kerapian Polisi Penting, Kapolres Mesuji: Kita Pangkas Rambut Gondrong Anggota

"Para ulama masih saja berbeda pandangan mengenai masalah ini (ucapan selamat). Tetapi bagi saya, ucapan selamat seperti itu mubah, bukan sunnah dan bukan pula bid'ah," ungkapnya, dikutip dari Syarah Fathal Qarib Ubudiyah Jilid Satu yang disusun Tim Pembukuan Mahad Al-Jamiah Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Adapun, cendekiawan muslim Quraish Shihab melalui buku Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan, menjelaskan ungkapan Minal Aidin wal Faizin tidak memiliki makna pasti, sebab tidak terdapat dalam Al-Qur'an maupun hadits.

Mengacu pada buku Dakwah Cerdas, ungkapan yang tepat sebagai penutup Ramadan yakni,

"Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal 'aidin wal faizin,"

Artinya: "Semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah saya dan Anda kerjakkan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan orang-orang yang mendapat kemenangan."

Selain ungkapan tersebut, ada juga ucapan lainnya yaitu:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: