Jelang Nataru Pemkot Metro Monitoring Stok Bahan Pokok Makanan, Ini Daftar Harga Bapok Terbaru!

Jelang Nataru Pemkot Metro Monitoring Stok Bahan Pokok Makanan, Ini Daftar Harga Bapok Terbaru!

Foto : Walikota Metro Wahdi didampingi Kadisdag Metro Elmanani dan rombongan melakukan monitoring harga dan stok bahan pokok makanan. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro kembali melakukan monitoring harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok (Bapok) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Monitoring dilakukan langsung oleh Walikota Metro Wahdi ke sejumlah pasar tradisonal di Kota Metro, Jumat (22/12/2023). 

Adapun monitoring tersebut dilakukan di Pasar Tradisional Margorejo, Metro Selatan. Lalu, di Pasar Los Basah Pertokoan Mega Mall, Hamparan Jalan Agus Salim dan Jalan Cut Nyak Dien, serta di Los Basah Terminal Kota Pasar Terpadu Metro. 

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro, Elmanani menjelaskan, dari hasil monitoring sejumlah harga kebutuhan pokok masih stabil. Bahkan terdapat beberapa harga yang mengalami penurunan

"Harga sudah mulai terkendali, bahkan ada yang turun. Seperti harga cabai dari Rp80 ribu per kg, sekarang turun jadi Rp60 ribu per kg," terangnya. 


--

Diakuinya, harga cabai cenderung mengalami perubahan setiap harinya. Karenanya pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tidak panik. 

"Kalau harga cabai ini setiap hari berubah. Jadi masyarakat nggak usah panik," ujarnya. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Jadi Fokus Utama, ini yang Dilakukan Pemkot Metro

Menurutnya, dari hasil monitoring harga cukup stabil. Kondisi tersebut juga terjadi pada stok bahan pokok di Kota Metro aman. 

"Kalau untuk di Metro tidak usah panik. Kalaupun naik biasa saja. Karena itu saya imbau juga untuk temen-temen dan masyarakat untuk tidak panik. Terkait stok aman dan cukup. Harga juga ada penurunan," tukasnya. 

Terpisah, Sari salah seorang pedagang mengaku sejumlah harga bahan pokok masih stabil. Untuk harga cabai merah ia jual dengan harga Rp65.000 per kg, cabai rawit Rp28.000 per kg, dan bawang putih kating Rp38.000 ribu per kg. 

"Kalau harga masih stabil yang naik itu bawang merah. Sebelumnya harga bawang merah Rp20.000 per kg sekarang naik menjadi Rp30.000 per kg," jelasnya. 

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring Disdag harga bapok di Kota Metro relatif stabil. Di mana untuk harga cabai rawit Rp22.500 per kg, cabai merah Rp60.000 per kg, cabai hijau Rp30.000 per kg, dan cabai caplak Rp77.500 per kg. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: