Wahdi Nyatakan Pendidikan Berkembang Pesat di Metro, Akademisi: Parameternya Apa?

Wahdi Nyatakan Pendidikan Berkembang Pesat di Metro, Akademisi: Parameternya Apa?

Foto: Akademisi IAIN Metro, Prof Suhairi mempertanyakan parameter pendidikan berkembang pesat.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Pernyataan Walikota Metro Wahdi Siradjuddin yang mengataka pendidikan meningkat pesat di masa kepemimpinannya menuai pertanyaan di kalangan akademisi.

Terlebih-lebih, meningkatnya sektor pendidikan itu ditegaskan dengan dibangunnya monumen-monumen pendidikan di Kota Metro oleh Wahdi.

Tercatat ada dua monumen yang mengalami perubahan bentuk hingga maknanya, yakni Tugu Pena dan Gapura Simpang Kampus 15A Kota Metro.

Kendati demikian, Wahdi menuturkan bahwa pembaharuan pada dua monumen tersebut tidak menghilangkan esensi serta nilai-nilai yang sudah ada sebelumnya.

Tugu Pena Kota Metro sebagai icon Kota Pendidikan diperbesar ukuran serta penambahan ornamen untuk lebih mempercantik tampilan tugu.

Sementara Gapura Simpang Kampus 15A Kota Metro dirubah menjadi Gapura Gemerlang alias Generasi Emas Metro Gemerlang, yang itu merupakan jargon andalan Wahdi di dunia pendidikan.

Selanjutnya, masih di tahun yang sama tepatnya di akhir Desember 2023 muncul sebuah monumen bernama Tugu Gemerlang di simpang tiga tepat di depan RSUD Ahmad Yani Kota Metro.

Keberadaan monumen-monumen tersebut secara jor-joran menuai sorotan dari akademisi di Kota Metro.

BACA JUGA:Wahdi: Dibangunnya Tugu Bukti Pendidikan di Kota Metro Berkembang Pesat

Suhairi, Guru Besar Ilmu Hukum IAIN Metro menilai upaya pemerintah dalam membangun tugu dalam rangka mempertegas julukan Kota Metro sebagai Kota Pendidikan sah-sah saja.

Namun, kata Suhairi, pembangunan tugu hanya sebatas simbolis dan yang terpenting adalah upaya kongkrit berbentuk program peningkatan pendidikan di Kota Metro.

"Itu kan hanya simbol, tapi memang betul-betul ada upaya yang konkret dari Pemkot dalam mewujudkan peningkatan pendidikan di Kota Metro ini," ujar Suhairi.

Dosen IAIN Metro bergelar Profesor itu turut mempertanyakan alasan Walikota Metro menyebut adanya peningkatan pendidikan di tahun 2023.

Menurutnya apa yang disampaikan akan jauh lebih dipahami oleh masyarakat luas jika diimbangi dengan data maupun fakta di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: