Wilayah Yosorejo Kota Metro Tergenang Air Setinggi Lutut Orang Dewasa

Wilayah Yosorejo Kota Metro Tergenang Air Setinggi Lutut Orang Dewasa

Foto: Terlihat air menggenang mencapai lutut orang dewasa di RT/RW 36/09 Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Hujan dengan intensitas sedang mengguyur Kota Metro pada Minggu siang, (7/1/2024) mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang udara.

Demikian yang terlihat di RT/RW 36/09, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur. Air meluap hingga  setinggi lutut orang dewasa.

Kondisi itu malah dijadikan wahana bermain air oleh sejumlah anak-anak lingkungan bantaran irigasi Kelurahan Yosorejo.

Ketua RT setempat, Muhammad Hidup mengatakan hujan yang terjadi sejak pukul 13.30 WIB itu dikategorkannya masih dalam intensitas sedang.

“Kalau hujan hari ini belum termasuk hujan deras ini, hujannya masih biasa saja,” ujar Hidup kepada radarmetro.disway.id.

Kendati demikian ia mengakui sebagian wilayahnya tergenang air. Bahkan ketinggian genangan air mencapai lutut orang dewasa.

BACA JUGA: 655 Ribu Lebih Surat Suara Pemilu, KPU Metro: Sortir Lipat 10 Hari Selesai

Berdasarkan hasil pantauannya, Hidup mengungkapkan genangan air saat hujan kali ini tidak sampai memasuki rumah-rumah warga.

Namun, air hanya menggenangi halaman serta sempat menutup akses jalan masuk pemukiman.

“Kalau menurut kami ini masih kecil, masih setinggi lutut ya dan hanya di halaman, enggak sampai masuk-masuk ke rumah,” bebernya

Menurutnya kondisi tersebut terjadi karena luapan saluran irigasi yang tak mampu menampung debit air kiriman dari hulu saat hujan melanda Kota Metro.

“Air ini kan termasuk kiriman dari belakang rumah sakit Ahmad Yani itu, kemudian dari PB, dari Chamart itu, karena ada sodetan yang airnya ngarah ke sini semua,” jelasnya.

Diperkirakan olehnya genangan air tersebut akan surut dalam waktu dua sampai tiga jam usai hujan reda. 

Di sisi lain, dia mengkhawatirkan akan ada hujan susulan dengan intensitas lebih tinggi, yang dapat mengakibatkan wilayah tersebut tergenang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: