Ikut UKW, Dua Anggota PWI Mesuji Dinyatakan Kompeten Bertambah

Ikut UKW, Dua Anggota PWI Mesuji Dinyatakan Kompeten Bertambah

Foto: Ikut UKW, Dua Anggota PWI Mesuji Dinyatakan Kompeten Bertambah-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mesuji Apriadi.SE., mengapresiasi dua orang anggotanya yang kembali mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Muda yang lulus dan dinyatakan Kompeten oleh Dewan Pers.

UKW angkatan 32 itu sendiri dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang digelar PWI Provinsi Lampung di Hotel Emersia, Kota Bandar Lampung, sejak Rabu (10/01) dan berakhir pada Kamis (11/01).

Apriadi mengatakan UKW ini digelar secara gratis oleh PWI Pusat bekerjasama dengan Kementerian BUMN.

Pesertanya sebanyak 36 wartawan yang terdiri dari 4 kelas wartawan Muda dan 2 kelas wartawan Madya. 

"Ya, benar anggota kita yaitu Ardian Mukti S.Pd.,  dari media Harian Radar Lampung dan Rangga Yusuf.SH., dari media Harian Tribun Lampung yang mengikuti UKW sore ini saya mendapat kabar bahwa mereka berdua Lulus dan sudah dinyatakan Kompeten," jelas Apriadi saat dihubungi Kamis malam (11/01/2024).

Dikatakannya, bahwa PWI Mesuji akan terus mendorong anggotanya untuk bisa mengikuti UKW agar bisa menjadi wartawan yang diakui dan dilindungi oleh undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

"Selain itu, memang salah satu syarat untuk menjadi anggota PWI dia harus lulus UKW dulu, yaitu minimal Lulus UKW tingkat Muda. Jadi itu syarat yang harus dipenuhi, dan tidak bisa di tawar-menawar karena sudah menjadi aturan dalam PDPRT PWI. Tak lupa saya ucapkan selamat kepada anggota PWI Mesuji yang hari ini sudah dinyatakan Kompeten, semoga ilmunya bisa bermanfaat dan menjadi jurnalis yang profesional," tegasnya.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka UKW Yang Digelar PWI Lampung Awal 2024

Sebelumnya saat membuka UKW Gubernur Lampung Arinal berjanji akan memberikan hadiah umroh bagi wartawan yang berhasil meraih nilai terbaik. 

“UKW ini sebagai wadah pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas jurnalistik. Maka saya siapkan hadiah juara 1 berangkat umroh untuk lebih terdorong (meraih prestasi),” kata Arinal dalam sambutannya.

Arinal mengatakan wartawan dan media punya peranan penting dalam memberitakan berbagai aktivitas Pembangunan.

Wartawan juga punya peranan untuk kontrol sosial dan menyampaikan kritik yang membangun. 

Maka ia berharap wartawan harus dibekali ilmu agar mampu menjalankan profesinya dengan baik dan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. 

“Saya berharap para peserta Uji Kompetensi Wartawan dapat menjadikan acara ini sebagai wadah pembelajaran dan refleksi untuk terus meningkatkan kualitas karya jurnalistik. Terus belajar beradaptasi dan berinovasi. Sehingga informasi yang disajikan tidak hanya akurat tapi juga mampu memberikan wawasan yang bernilai tambah,” kata Arinal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: