Luar Biasa, Suhu Panas di Indonesia Hari Ini Tembus 35,6 Derajat Celcius

Luar Biasa, Suhu Panas di Indonesia Hari Ini Tembus 35,6 Derajat Celcius

Foto: Ilustrasi cuaca panas di Indonesia-(MH Naim)-

RADARMETRO - Warga di sejumlah wilayah Indonesia mengeluhkan cuaca super panas beberapa hari terakhir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2 derajat celcius di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat pada pekan lalu. 

Terbaru BMKG melaporkan, pada 24 April pukul 07.00 WIB sampai dengan 25 April 2023 pukul 07.00 WIB, suhu maksimum harian di Indonesia berada pada 35,6 derajat celcius, terjadi di Tjilik Riwut, Kalimantan Tengah dan Mutiara Sis-Al Jufri, Sulawesi Tengah.

Berikut beberapa titik dengan suhu tertinggi dalam periode waktu tersebut, dikutip dari akun Instagram @infobmkg, Selasa (25/4):

Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut: 35,6 derajat celcius

Stasiun Meteorologi Mutiara Sis-Al Jufri: 35,6 derajat celcius

Stasiun Meteorologi Sanggu: 35,5 derajat celcius

Stasiun Meteorologi Beringin: 35,4 derajat celcius

BACA JUGA:25 April Hari Malaria Sedunia: Sejarah hingga Target WHO 2030

Stasiun Geofisika Malang: 35,4 derajat celcius

BMKG menjelaskan, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat gerak semu matahari yang merupakan siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. 

"Lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2 derajat celcius melalui pengamatan stasiun BMKG di Ciputat pada pekan lalu hanya terjadi satu hari tepatnya pada tanggal 17 April 2023. Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36 derajat celcius di beberapa lokasi," terang BMKG.

"Variasi suhu maksimum 34 derajat celcius - 36 derajat celcius untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November," pungkasnya.

Pekan lalu, Ciputat Tangerang Selatan tercatat mengalami suhu terpanas dibanding wilayah lain di Indonesia. Suhu di wilayah tersebut terpantau 37,2 derajat Celcius pada 17 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: