Tren Baru di Musim Panas, Masyarakat Beralih Menggunakan AC

Tren Baru di Musim Panas, Masyarakat Beralih Menggunakan AC

Foto: Dicky Sabto Wicaksono, pemilik PT Hoki Group Indonesia, Metro Utara, mengaku penjualan produk air conditioner (AC) miliknya naik dua kali lipat memasuki musim panas.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Suhu panas sejak awal bulan Ramadan sampai Idulfitri 1444 Hijriyah masih dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu tertinggi di angka 37,2 derajat celcius berada di wilayah Ciputat pekan lalu.

Lantas musim panas 2023, akankah membawa tren baru di masyarakat?

Radarmetro.disway.id mencoba melihat sisi lain dari cuaca ekstrem ini dengan menelisik penjualan teknologi penyejuk ruangan alias air conditioner (AC) di Kota Metro.

Salah satu usaha yang menangani servis dan penjualan AC di Kota Metro yakni PT Hoki Group Indonesia yang berada di Jalan Pattimura, Banjarsari, Metro Utara.

Pemilik usaha tersebut, Dicky Sabto Wicaksono, mengaku cuaca panas mendorong masyarakat beralih menggunakan AC. Sehingga penjualan unit AC miliknya laku keras.

"Selama musim panas ini pesanan kita naik hampir dua kali lipat," kata Dicky, Kamis (27/4/2023).


Foto : Promo pasang AC-(MH Naim)-

Dicky harus rela membuka usahanya lebih awal untuk menangani lonjakan permintaan pemasangan AC dari wilayah Metro, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

"Berhubung tim teknis belum semua berangkat jadi kita banyakin pekerjaan pemasangan, kalau untuk pekerjaan servis kita pending. Nanti kalau di tanggal 2 Mei teknisi semua sudah masuk baru semua maintenance, perawatan, dan servis bisa kita handle," bebernya.

Pengusaha muda itu menjelaskan, kenaikan penjualan AC miliknya sejak sebulan terakhir bersamaan dengan cuaca panas saat Bulan Ramadan 1444 Hijriyah.

"Kemarin sebelum Idulfitri kita sebulan bisa keluar untuk unit second aja sekitar 50 unit," bebernya.

Masyarakat beralih menjadi pengguna AC itu terus meningkat hingga setelah Lebaran 2023. Dalam dua hari laku 11 unit AC second.

"Setelah Lebaran Idulfitri baru dua hari ini sudah keluar 8 unit second, kalau untuk yang baru sudah keluar 3 unit," imbuhnya.

Terlepas dari AC dengan keadaan baru maupun second, dari angka penjualan itu menunjukkan bahwa cuaca panas membawa tren baru yakni masyarakat di Kota Metro mulai beralih sebagai pengguna AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: