Hardiknas, Disdikbud Diminta Data Kebutuhan Sarpras Sekolah

Hardiknas, Disdikbud Diminta Data Kebutuhan Sarpras Sekolah

Foto : Walikota Metro Wahdi mengingatkan Disdikbud untuk memperhatikan dan mendata kebutuhan sarpras di sekolah.-(Ria Riski Ap)-

RADARMETRO - Walikota Metro meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mendata sarana dan prasarana Pendidikan di masing-masing sekolah. Pasalnya, sejumlah sekolah di Bumi Sai Wawai masih membutuhkan pemenuhan sarana dan prasarana (Sarpras) Pendidikan yang memadai.

Demikian disampaikan Walikota Metro Wahdi dikonfirmasi awak media usai memperingati Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2023). Ia mengaku telah meminta Kepala Disdikbud untuk mendata kebutuhan masing-masing sekolah. Ini terutama sarpras yang belum memadai.

"Saya kira masih ada juga ya, tapi kan kita lihat data. Seberapa jauh. Nah makanya saya minta tadi kan kepada Kepala Dinas, tolong didata dulu. Metro sebagai Kota Pendidikan, ya tentu Metro harus memperlihatkan betul bahwa perlindungan terhadap pendidikan," ungkapnya.

Meski begitu, kata Wahdi, dalam mewujudkan Metro sebagai kota pendidikan pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Karenanya dibutuhkan peran serta semua elemen masyarakat terutama pihak swasta dalam mewujudkan visi tersebut. Sehingga diharapkan pendidikan berjalan lebih baik dengan mengikutsertakan semua elemen yang ada.

BACA JUGA:H-1 Jokowi ke Lamteng, Jalan Simpang Randu menuju Rumbia Diperbaiki

"Karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, banyak sekali kita lihat sekolah-sekolah disini yang digerakkan oleh pihak-pihak swasta. Kalau kita ambil data contohnya di SD itu hanya 60% peran kita membangun, tapi banyak dari pihak swasta. Apalagi lebih ke atas di perguruan tinggi banyak pihak swasta. Nah ini kolaborasi ini saya kira paling penting sekali, bahwa kita ingin membangun SDM yang terbaik yang menjadi harapan Indonesia kedepan untuk 100 tahun Indonesia Merdeka," paparnya.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan dalam mewujudkan Gemerlang (Generasi Emas Metro Cemerlang). Terlebih Gemerlang itu adalah capaian Indonesia emas tahun 2045. Sehingga  upaya yang harus dilakukan masing-masing daerah itu penting sekaki terutama kebijakan-kebijakan dalam RPJMD.

"Salah satu juga adalah memberikan apa memperhatikan mereka-mereka anak-anak didik kita dalam kartu Metro Cerianya ya kan. Ini harus ditambahin, kemarin sudah terpenuhi 2.000 sekian masuk dalam RPJMD 2021 - 2006 yang memang harus dipercepat. Pada kenyataannya kan harus dipercepat 2024, termasuk infrastruktur dan sebagainya," benernya.

BACA JUGA:Alasan Acara Partai, Ketua DPRD Tubaba Tidak Hadir Peringatan Otda dan Hardiknas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: