2 Dosen PBI UM Metro Jadi Narasumber pada Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek

2 Dosen PBI UM Metro Jadi Narasumber pada Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek

Foto: Dua dosen PBI UM Metro saat menjadi pemateri.-(Fenny)-

RADARMETRO - Dua dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, yakni Amirudin Latif, M.Pd. dan Dedy Subandowo, M.A., membagikan wawasan dan pengetahuan mereka sebagai narasumber dalam workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL) pada hari Kamis, 22 Februari 2024.

Amirudin Latif, M.Pd., membuka sesi workshop dengan mendalam mengenai Project Based Learning, sebuah metode pembelajaran berbasis proyek yang mendidik mahasiswa melalui pemberian proyek yang harus diselesaikan. 

Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa PjBL merupakan metode yang efektif dalam mendorong mahasiswa untuk aktif berpartisipasi dan menguasai ilmu pengetahuan serta keterampilan dengan lebih baik.

"PjBL merupakan metode pembelajaran berbasis proyek, di mana mahasiswa tidak hanya menerima pengetahuan dari dosen, tetapi juga menerapkannya dalam proyek nyata. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan analisis, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif," ujar Amirudin Latif, M.Pd.

BACA JUGA:Gelar Workshop, PBI UM Metro Targetkan Luaran RPS Berbasis Project

Ia menekankan bahwa penerapan PjBL bukan hanya di tingkat sekolah, tetapi juga di lingkungan perguruan tinggi. 

Dosen akan memandu mahasiswa dalam mengerjakan proyek, yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan materi.

Narasumber kedua, Dedy Subandowo, M.A., menyampaikan tujuan dari metode PjBL, yang antara lain melibatkan mahasiswa dalam berpikir proaktif, menganalisis masalah, dan menyelesaikannya secara ilmiah. 

Dedy juga menyoroti karakteristik khas PjBL seperti Centrality, Driving Question, Constructive Investigation, autonomy, dan realism, yang menjadikan metode ini unik dan efektif.

"Melalui PjBL, mahasiswa dapat melatih kemampuan berpikir logis, analisis, dan kolaborasi. Mereka tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat menerapkannya dalam konteks nyata," ujar Dedy Subandowo, M.A.

BACA JUGA:SMAN 1 Way Bungur Selenggarakan Gelar Citra Karya Siswa Tahun 2024

Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi baru bagi para pendidik di UM Metro dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan tuntutan zaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: