Rino Panduwinata Terpilih Secara Aklamasi, Ini Struktur Baru PWI Metro!

Rino Panduwinata Terpilih Secara Aklamasi, Ini Struktur Baru PWI Metro!

Foto : Rino Panduwinata kembali terpilih secara aklamasi menahkodai PWI Kota Metro periode 2024-2027.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Rino Panduwinata kembali terpilih menahkodai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro  periode 2024-2027.

Rino Panduwinata terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Kota (Komferkot) VII, yang digelar di Wisma Haji Alkhairiyah Kota Metro, Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, Rino mengharapkan dukungan penuh dari seluruh anggota untuk bersama membangun PWI Kota Metro. Terlebih banyak program yang sudah disusun untuk kemudian dilaksanakan kedepan.

"Saya manusia biasa dan banyak kekurangan, dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Mohon bimbingan dari semuanya, teman-teman dan penasehat PWI," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengatakan bahwa anggota PWI harus terus bergerak. Kemudian beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Kita harus cepat adaptif dengan kemajuan teknologi. Sekarang ini ada Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kalau kita tidak segera memahaminya kita akan terlindas," ujarnya.

Menurutnya, di era saat ini beberapa peran-peran wartawan sudah banyak digantikan oleh AI, khususnya dalam membuat artikel. 

"Itu yang maksud saya kita harus cepat meningkatkan kualitas. Selain itu juga  mutu untuk berproses dan beradaptasi dengan teknologi saat ini," katanya.

Karenanya ia berpesan, PWI Kota Metro kedepan harus memprioritaskan pengembangan SDM. Terutama melalui pendidikan dan pelatihan sebagai program kerja.

"Jika ada sepuluh program, satu sampai sembilannya itu pendidikan dan pelatihan, sedangkan yang ke sepuluh untuk lain-lain," katanya.

"Jadi saya mengimbau kepada seluruh anggota PWI di Lampung, ketika menggelar kegiatan itu berorientasi terhadap pendidikan dan pelatihan," pesannya.

BACA JUGA:Rombongan PWI Pringsewu Mengikuti HPN 2024 dan HUT PWI ke-78 di Jakarta

Diakuinya, bahwa perkembangan teknologi jika tidak dibarengi dengan perkembangan wartawan, maka akan tertinggal. Karena itu wartawan harus terus meningkatkan mutu dan kualitasnya.

Karenanya, seluruh anggota PWI di Lampung wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Terlebih uji kompetensi juga diwajibkan oleh dewan pers. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: