Deteksi Penyakit Sejak Dini, Polres Mesuji Rutin Gelar Rikkes

Deteksi Penyakit Sejak Dini, Polres Mesuji Rutin Gelar Rikkes

Foto: Deteksi Penyakit Sejak Dini, Polres Mesuji Rutin Gelar Rikkes-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO - Polres Mesuji, Polda Lampung melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) yang rutin digelar secara berkala dan dilakukan langsung oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Lampung dan Sidokkes Polres Mesuji, bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Flora, Kota Bandar Lampung.

Pemeriksaan Kesehatan yang menyasar kepada seluruh anggota personel Polres Mesuji hingga Polsek di wilayah hukum Kabupaten Mesuji. Kegiatan dipusatkan di Aula Tribrata Endra Dharmalaksana Polres setempat, Kamis (07/03/2024).

Ternyata, kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut bukan hanya dilakukan bagi anggota Polres Mesuji, tetapi juga Aparatur Sipil Negara yang bekerja di lingkup Polres Mesuji.

Menurut Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, S.H., S.I.K.,CPHR., pemeriksaan Kesehatan anggota Polres Mesuji ini bertujuan untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat segera diambil tindakan medis.

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Panen Perdana Singkong Program CSV Bersama Kemendes PDTT RI


--

"Kami berharap melalui Rikkes ini dapat secara dini mengetahui penyakit atau kelainan yang mungkin diderita anggota. Sehingga diharapkan dapat segara di lakukan tindakan sejak dini,"harap Kapolres.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

"Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, akan diberikan penjelasan dan diserahkan kepada pihak BPJS selaku pihak penjamin untuk selanjutnya dilaksanakan upaya perawatan dan penyembuhan,"jelas Perwira Polisi dengan dua melati di pundak ini.

Ditempat yang sama, Kepala Seksie Kedokteran dan Kesehatan (Kasie Dokkes) Polres Mesuji, IPDA Ahmad Islahuddin menyebutkan, pemeriksaan kesehatan berkala diawali dengan tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir.

BACA JUGA:Antusias, Ini Aktifitas Peserta Ajang Pemilihan Bujang-Gades Mesuji 2024

"Barulah setelah itu dilakukan pengambilan sample darah, urine, observasi tanda-tanda vital (cek tekanan darah, nadi), pemeriksaan mata, Treadmill, Pemeriksaan berat badan serta tinggi badan, pemeriksaan gigi, pengecekan EKG, Foto Thorax dan pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa,"urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: