304 CJH Siap Diberangkatkan, 11 Jemaah Tunggu Pelunasan

304 CJH Siap Diberangkatkan, 11 Jemaah Tunggu Pelunasan

Foto : Sebanyak 304 CJH asal Kota Metro mengikuti kegiatan Manasik Haji di Masjid Taqwa Kota Metro, Rabu (10/5/2023).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Sebanyak 304 dari 315 kuota Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Metro siap diberangkat tahun ini. Sementara 11 jamaah lainnya masih menunggu hingga batas waktu pelunasan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) pada 12 Mei mendatang.

Walikota Metro Wahdi mengatakan, untuk tahun sebanyak 304 dari 315 jemaah sudah siap diberangkatkan ke tanah Suci Mekkah. Para peserta juga telah mengikuti kegiatan manasik haji.

"Alhamdulillah hari ini kita dalam rangka pembukaan manasik haji. Peserta yang sudah terdaftar ada 304 dari 315 jemaah," terangnya usai membuka kegiatan Manasik Haji di Masjid Taqwa Metro, Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, kondisi para jamaah dalam kegiatan manasik haji dalam keadaan sehat. Bahkan jamaah tertua berusia 87 tahun juga tampak sehat.

"Saya tadi baru berbicara dengan jemaah tertua, alhamdulillah sehat dan bugar. Yang utama tentu kita mengharapkan bahwa jamaah ini adalah tanggung jawab kita bersama, dihantarkan dengan sebaik-baiknya, pulang juga dalam keadaan baik," tuturnya.

BACA JUGA:Leg 1 Semifinal Liga Champions: Real Madrid vs Man City Berbagi Skor


Foto 2: Bimbingan Manasik Haji Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

Diakuinya, seperti tahun lalu Pemkot Metro memberikan subsidi Ongkos Transit Daerah (OTD) bagi para jamaah. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu para jamaah.

"Alhamdulillah juga Pemerintah Kota Metro seperti tahun kemarin membantu juga untuk OTD. Alhamdulillah itu yang bisa kita berikan. Kita berharap keluarga yang ditinggalkan, ketika calon jemaah ini berangkat kita selalu mendoakan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro, Jamaluddin usai menggelar kegiatan manasik haji menjelaskan, jumlah jamaah haji yang sudah melunasi BPIH sebanyak 304 dari 315 jemaah. Artinya terdapat 11 jamaah yang belum melunasi.

"Pelunasan terakhir sampai dengan 12 Mei mendatang. Untuk jemaah termuda berusia 22 tahun dan yang tertua berusia 87 tahun, keduanya dari Kecamatan Metro Pusat," paparnya.

Ia menambahkan, kondisi jemaah hingga kini dalam keadaan sehat dan segar. Ia berharap perkembangan selanjutnya sampai manasik haji selesai mereka sehat.

BACA JUGA:Gelapkan Anggaran Pembangunan Jalan Rp2,6 Miliar, Pelaku Sebut Pejabat Lamsel Terlibat

"Tahun ini 50 persen lansia jemaah haji Kota Metro. Jadi agak lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sebelum berangkat tentu nanti mereka akan divaksinasi terlebih dahulu. Mudah-mudahan jamaah dalam keadaan sehat hingga nanti pemberangkatan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: