Perolehan Medali Emas Hari ke-9 SEA Games 2023 Sudah Lampaui Target

Perolehan Medali Emas Hari ke-9 SEA Games 2023 Sudah Lampaui Target

Foto: Perolehan sementara medali di ajang SEA Games 2023.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2023 Kamboja dapat meraih lebih dari 69 emas. Hingga kini, target tersebut telah terpenuhi bahkan dilampaui, Senin (15/5/2023). Indonesia sudah mengoleksi 70 medali emas SEA Games 2023.

Kontingen Indonesia meraih pencapaian tersebut berkat 12 medali emas yang didapat pada hari kesembilan penyelenggaraan SEA Games 2023 pada Minggu (14/5).

Belasan medali emas tersebut dipersembahkan dari cabang olahraga (cabor) bola basket, esports, fin swimming, judo, tenis, traditional boat race, angkat besi, dan gulat.

Perolehan 70 medali emas itu sekaligus memenuhi target yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut sebelumnya menargetkan tim Merah Putih membawa pulang lebih dari 69 medali emas.

Dilansir dari kompas.com, Chef de Mission (CdM) tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim mengatakan para atlet telah bekerja keras untuk mengharumkan Indonesia, terlebih-lebih memenuhi targetan dari Presiden Jokowi.

"Kami bersyukur Indonesia sudah memenuhi target Presiden Joko Widodo dengan mendulang 70 emas di SEA Games 2023 Kamboja. Alhamdulillah ini sudah melampaui perolehan emas SEA Games 2021 Vietnam," ujar Lexy.

BACA JUGA:Herma Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro, Ceritakan Perjuangan Mengikuti 1 Bulan Berjalan Kampus Mengajar 5

Lexy mengungkapkan bahwa atlet Indonesia masih berkesempatan mengantongi medali emas lainnya di sisa-sisa gelaran SEA Games 2023. 

Meski demikian, dia meminta kepada atlet yang masih bertanding untuk tetap fokus karena hal itu tidaklah mudah.

"Belum lagi ditambah dengan sisa dua hari dan final dari beberapa cabor. Kepercayaan diri kita semakin meningkat dengan napas yang lebih lega. Mari fokus tuntaskan SEA Games 2023 Kamboja ini dengan meraih medali emas lebih banyak lagi," ungkapnya.

Selain 70 emas, Indonesia juga mengoleksi 59 perak dan 81 perunggu. Jumlah total 210 medali membuat Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen SEA Games 2023.

Sementara itu, Vietnam memuncaki klasemen dengan raihan 107 emas, 91 perak, dan 96 perunggu.

Sedangkan peringkat dua klasemen SEA Games 2023 ditempati Thailand dengan koleksi 90 emas, 66 perak, dan 87 perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: