HGN ke-63 RSU Muhammadiyah Metro: Cegah Stunting Dengan Protein Hewani

HGN ke-63 RSU Muhammadiyah Metro: Cegah Stunting Dengan Protein Hewani

Foto: Antusiasme peserta mengikuti penyuluhan stunting dalm rangka Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 tahun 2023 yang berlangsung di RSU Muhammadiyah Metro.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurangnya asupan gizi alias stunting, dapat diminimalisir dengan menambah konsumsi protein hewani berkelanjutan yang mudah didapatkan sehari-hari. Mulai dari minuman susu hingga olahan puding berbahan dasar telur dan santan.

Dalam rangka Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 tahun 2023, Rumah Sakit Umum (RSU) Muhammadiyah Metro berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar penyuluhan terkait stunting. 

Gelaran bertajuk Cegah Stunting Dengan Protein Hewani itu berlangsung di ruang poliklinik RSU Muhammadiyah Metro, Rabu (18/1/2023). Dalam kesempatan tersebut, turut menghadirkan dokter spesialis anak dr Diah Astika Rini, Sp.A.

Dalam sambutannya, Direktur RSU Muhammadiyah Metro dr Hanif mengatakan, sebagai tim medis harus mempunyai komitmen membantu pemerintah untuk menjaga tumbuh kembang generasi yang akan datang. Di mana stunting masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama-sama.

"Bahwa tugas pencegahan stunting adalah tugas kita bersama," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kota Metro M Supriadi menegaskan, pencegahan stunting harus dilakukan secara masif. Melibatkan tenaga medis hingga masyarakat untuk menemukan trobosan-trobosan baru untuk menurunkan angka stunting, khususnya di Kota Metro.

"Dengan adanya momentum Hari Gizi Nasional ke-63 ini, kita dapat bersama-sama melakukan langkah strategis memperbaiki status gizi masyarakat dengan menurunkan stunting," bebernya.

Menurut Supriyadi, generasi berkualitas tidak tumbuh dengan sendirinya. Melainkan hasil dari pendamping secara maksimal, dimana asupan gizi menjadi faktor kunci pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Sebagai investasi bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia global, khususnya di Kota Metro," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, penyuluhan tentang upaya pencegahan stunting disampaikan langsung dr Diah Astika Rini, Sp.A. Sedangkan terkait pencegahan stunting dengan protein hewani dipaparkan oleh Sartika Hana Pertiwi, A.Md.Gz.

Diakhir kegiatan peringatan HGN ke-63 itu, Tim Gizi RSU Muhammadiyah Metro juga turut mendemonstrasikan makanan bergizi tinggi protein hewani yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, maupun anak usia dini.

Demonstrasi dilakukan dengan cara membagikan sejumlah makanan berprotein hewani kepada peserta. Adapun makanan bergizi tinggi protein hewani tersebut di antaranya, telur rebus, susu, serta puding berbahan dasar terur dan santan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: