Kendalikan Penyebaran LSD, DKP3 Segera Vaksinasi Ternak

Kendalikan Penyebaran LSD, DKP3 Segera Vaksinasi Ternak

Foto : Pemkot Metro melalui DKP3 melakukan pengobatan pada hewan ternak yang terpapar LSD.-(Ria Riski P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) akan melakukan vaksinasi hewan ternak. vaksinasi dilakukan sebagai upaya pengendalian penyakit Lumpy Skin Desease (LSD) yang mulai menyebar di Kota Metro.

Demikian disampaikan Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno, Senin (15/5/2023). Ia mengatakan, vaksinasi akan dilakukan menyusul didistribusikannya 500 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Lampung. Rencananya vaksinasi dilakukan untuk seluruh kecamatan dengan masing-masing kecamatan 100 dosis.

"Segera kita mulai lakukan vaksinasi ternak di Metro. Untuk setiap kecamatan kita akan distribusikan 100 dosis vaksinasi," terangnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan DKP3 Metro, Lina Oktira menjelaskan, vaksinasi akan diberikan pada hewan ternak yang sehat. "Jadi ternak yang akan divaksin harus dipastikan tidak mengalami gejala. Baik penyakit LSD maupun PMK," ujarnya.

BACA JUGA:Habiskan Uang Rp2 Miliar Untuk Berlian, Ini Sosok Princess Sheikha Jawaher

Menurutnya, vaksinasi penting dilakukan mengingat dalam waktu dekat akan ada momen Idul Adha. Sehingga vaksinasi juga akan dilakukan pada hewan ternak yang akan dijual.

"LSD ini tidak memakai aturan zonasi, jadi kita akan melakukan vaksinasi di seluruh kecamatan. Vaksinasi juga akan dilakukan meski di kecamatan itu sudah ada hewan yang terdampak," ungkapnya.

Diketahui, jumlah penyakit LSD di Metro terus bertambah. Karenanya DKP3 terus melakukan upaya pengobatan pada hewan yang terpapar LSD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: