Seleksi alam, seleksi seksual dalam Darwinsm

Seleksi alam, seleksi seksual dalam Darwinsm

--

RADARMETRO - Darwinsm merupakan teori yang berhubungan erat dengan seleksi alam dan seleksi seksual teori ini pernah dikemukakan oleh Charles Darwin dalam bukunya berjudul “On the origin of species” tahun 1859. Dalam bukunya Darwin menekankan seleksi alam merupakan bagian dari evolusi.

Seleksi alam terjadi karena adanya persaingan antar individu untuk memperebutkan makanan, wilayah dan melalukan reproduksi untuk mendapatkan variasi pada setiap populasi.

Seleksi alam terjadi dalam waktu yang sangat lama, dimana individu akan mengalami berubahan dengan karakteristik yang sesuai dengan lingkungan dimana mereka tinggal dan memiliki kemampuan yang lebuh baik dalam bertahan hidup dan bereproduksi.


--

Terdapat keunikan dialam, yaitu pada burung jantan yang sedang dalam masa kawin biasanya akan menunjukan tarian-tarian serta bunyi-bunyian (nyanyian) untuk memikat betina. burung jantan akan menari-nari menunjukan bulu indah yang dimiliki untuk memikat betina agar tertarik untuk kawin.

Pada burung jantan biasanya memiliki bulu yang indah dengan warna-warna yang mencolok dan sehat untuk memimat burung betina, warna-warna bulu pada burung jantan biasanya muncul sesuai dengan apa yang mereka makan dan menunjukan bahwa burung jantan lebih resisten terhadap penyakit.


--

Burung jantan yang memiliki wilayah territorial juga lebih diminati oleh burung betina karena di anggap dapat memberikan pasokan makanan yang cukup untuk anak-anak burung yang lahir.

Mengapa burung jantan dan betina memiliki warna bulu, suara, bahkan bentuk tubuh yang berbeda. Hal tersebut merupakan seleksi seksual,  dimana burung jantan yang memiliki bulu yang sehat dan indah serta bentuk badan yang bagus burung betina akan lebih tertarik karena dianggap dapat mewariskan gen tersebut ke anak-anak burung yang akan tumbuh menjadi burung yang sehat dan memiliki bulu-bulu yang indah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: