Soto Kudus Pak Minto: Jalan Tol Jakarta-Merak Punya Cerita

Soto Kudus Pak Minto: Jalan Tol Jakarta-Merak Punya Cerita

Foto: Soto Kudus Pak Minto: Jalan Tol Jakarta-Merak-(Prof. Admi Syarif, PhD)-

RADARMETRO - Trip kali ini, saya menuju ke Jakarta untuk mengantarkan ibunda berobat di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Kencana. Ibunda tercinta sudah beberapa waktu ini sering sekali batuk, terutama di malam hari, dan diduga menderita alergi. Hari ini, Senin 13 Maret 2023, saya sudah membuat appoinment untuk konsultasi dengan Konsulen Alergi terbaik dr Suzi Maria, SpPD (K) l di RSCM Kencana pukul 14:30 WIB (nomor urut 1). Tepat pukul 02:00 WIB, ditemani adinda Juliansyah dan Neli Yanti, kami berangkat dari Bandarlampung. Kali ini sengaja saya minta disupiri Bro Aris yang sudah sangat paham Jakarta. Alhamdulllah, pukul 03:00 WIB, kami sudah tiba di Bakauhuni dan langsung naik kapal eksekutif, Batu Mandi. kapal yang sangat nyaman dan cepat, dan kami sudah tiba di Merak pukul 05:00 WIB pagi. Kami langsung menuju masjid di Pom Bensin Merak untuk bersama salat Subuh. Kemudian kami melanjutkan perjalanan via tol.

Perjalanan via tol memang lancar, namun beberapa ruas jalan ada perbaikan, maklum kondisi jalan kurang nyaman karena sedikit bergelombang. Sebagai salah satu penumpang yang duduk di bagian belakang sedikit terasa goyangannya terutama saat Bung Aris memacu gerobak ini dengan cepat. 

Karena hari ini adalah tanggal 13 (ganjil), (sementara nopol mobil kami adalah genap), dengan demikian kami harus menunggu hingga pukul 10 untuk masuk Jakarta. Kami memutuskan untuk menunggu di rest area untuk sejenak istirahat. Kami sepakat memilih istirahat di rest area KM 14, tempat yang nyaman bagi pengguna kendaraan menjadi penting. Lebih lagi di dalam rest area ini ada banyak sajian menu masakan tradisional, bisa menjadi rujukan kuliner di jalur tol. Bung Aris langsung belok kiri dan masuk ke kawasan rest area, dan berhenti di depan Soto Kudus Pak Minto. (rest area, Jalan Tol Merak-Jakarta KM 14, Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten)

RM ini dirancang dengan nuansa ciri khas warung tradisional. Tersedia berbagai menu masakan tradisional di sini seperti: Soto Kudus Ayam atau daging, sop iga, sop buntut, rawon dan garang asem. Untuk minuman juga terdapat berbagai jenis seperti: susu jahe merah, jahe merah gula aren, teh poci, kopi gula aren, dan lain-lain. Terdapat juga menu tambahan sepert sate telor, telor asin bakar, tahu, perkedel, dan lain-lain. 

Waktu masih menunjukan pukul 07:00 WIB, namun di sini sudah ada beberapa pelanggan, sepertinya wong jowo yang sengaja mampir untuk menikmati masakan soto kudus ini. Kali ini kami memesan Soto Kudus Ayam dan jahe merah gula aren.

Suatu hal yang menarik guys, biasanya kan para musyafir enggan makan di rest area, karena dianggap harga makanannya mahal. Harga makanan di sini sungguh masih sangat reasonable. Harga semangkuk soto ayam di sini dibanderol Rp35.000, demikian dengan minumannya jahe gula arennya yang hanya Rp18.000. Sungguh suatu harga yang sangat pantas alias tidak menguras kocek musyafir yang ingin sarapan yang nikmat dan maknyus di jalan tol.

Demikian sekilas info buat kawan-kawan yang ingin memilih istirahat di rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: