Waspada DBD, Camat Ingatkan Soal Ini!

Waspada DBD, Camat Ingatkan Soal Ini!

Foto : Camat Metro Utara Heri Hendarto mengingatkan masyarajat untuk melaksanakan program GELIAT. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Memasuki musim penghujan dan cuaca tidak menentu menjadi perhatian masyarakat. Ini terutama berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegepty yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Di mana masyarakat diimbau untuk melaksanakan Program Gerakan Lingkungan Masyarakat Bersih dan Sehat (GELIAT).

Demikian disampaikan Camat Metro Utara, Heri Hendarto, Senin (22/7/2024). Ia mengatakan, dalam melaksanakan program GELIAT tersebut pihaknya berkoordinasi dengan puskesmas dan kelurahan.

"Setiap Jumat kami turun untuk memantau agar pelaksanaan program GELIAT berjalan dengan baik," ujarnya. 

Menurutnya, program GELIAT tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Ini terutama terkait dengan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan.

BACA JUGA:Waspada Penyebaran DBD, Ini Langkah Pemkot Metro!

Terlebih diakuinya, musim hujan dan cuaca yang tidak menentu dapat memicu peningkatan risiko penularan penyakit. Ini terutama yang dibawa oleh nyamuk contohnya penyakit DBD.

"Nah dengan melaksanakan program GELIaT ini diharapkan dapat mengantisipasi meningkatnya penderita DBD," ujarnya.

Oleh karena itu, dengan berkoordinasi bersama kelurahan pihaknya juga terus mengintensifkan peran Juru Pemantau Jentik (JUMANTIK) . 

"JUMANTIk ini dibentuk di tiap masing-masing keluarga. Kita berharap dengan langkah ini dapat mengendalikan populasi jentik nyamuk di setiap rumah tangga," tuturnya.

Lebih lanjut, Heri mengemukakan selain mengaktifkan peran JUMANTIK, pihaknua juga gencar melakukan sosialisasikan kepada masyarakat dalam pencegahan DBD. 

BACA JUGA:IKAMM Pesbar Sukses Mengadakan Ekspedisi Sosial IPM 7.0

"Sosialisasi pencegahan ini kami lakukan di setiap momen seperti dalam rapat kelurahan maupun rapat koordinasi lainnya," katanya. 

Ia menambahkan, langkah lain dalam meningkatkan kesehatan masyarakat juga gencar dilakukan. Ini terutama turut serta menyukseskan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: