Mengungkap Kisah Dibalik Warna Ngengat Biston Akibat Faktor Lingkungan

Mengungkap Kisah Dibalik Warna Ngengat Biston Akibat Faktor Lingkungan

Foto: Istimewa--

RADARMETRO - Dilihat dari gambar diatas terdapat ada dua warna ngengat yaitu putih dan hitam. Gambar tersebut merupakan gambar dari salah satu spesies yang berasal dari Inggris yaitu ngengat Biston betularia juga dikenal sebagai ngengat peppered moth.

Spesies ini tersebar luas di bagian belahan bumi di utara. Siklus hidupnya melalui empat tahap, yaitu telur, larva, pupa, dan ngengat dewasa.

Ciri khas ngengat Biston betularia adalah sayapnya yang berwarna putih dengan sedikit bercak hitam. Ngengat Biston betularia juga dikenal sebagai ikon dalam pengetahuan tentang proses adaptasi pada lingkungan.

Pada pertengahan abad ke-19 Inggris menemukan adanya melanik carbonaria dan berkembang pesat hingga tahun-tahun berikutnya yang menimbulkan revolusi industri dan berdampak negatif pada lingkungan dan sekitarnya. Salah satu dampak yang terjadi adalah penurunan populasi serangga pada ngengat Biston betularia.

Sebelum revolusi industri, ngengat Biston betularia putih lebih banyak jumlahnya daripada ngengat Biston betularia hitam karena dapat berkamuflase pada pohon-pohon berwarna cerah.


--

Namun, setelah revolusi industri, asap hitam pabrik menutupi udara Inggris, menimbulkan polusi udara besar, dan polutan hitam menutupi pepohonan.

Hal ini menyebabkan ngengat Biston betularia putih kesulitan untuk mencari tempat perlindungan dari predator seperti burung insektivora, sementara ngengat Biston betularia hitam lebih mudah untuk melindungi diri, yang akhirnya berdampak pada penurunan populasi ngengat Biston betularia sayap putih.

Di sisi lain, ngengat berwarna hitam bertambah banyak karena kemampuannya untuk bersembunyi di pohon yang gelap. Revolusi industri ini sangat cocok bagi ngengat bersayap hitam untuk bertahan hidup dibandingkan ngengat bersayap putih.

Dengan demikian, adaptasi ngengat Biston betularia terhadap perubahan lingkungan, terutama akibat revolusi industri, menunjukkan bahwa makhluk hidup dapat bertahan hidup dan beradaptasi pada lingkungan yang berubah. Sebaliknya, ketidakmampuan untuk beradaptasi dapat mengakibatkan penurunan populasi dan bahkan kepunahan. 

 

Ngengat Biston betularia merupakan salah satu contoh makhluk hidup yang dapat beradaptasi dan bertahan hidup melalui seleksi alam yang terjadi akibat revolusi industri.

Referensi :

Michael, M & N Majerus.(2009). Industrial Melanism in the Peppered Moth, Bistonbetularia: An Excellent Teaching Example of Darwinian Evolution in Action. Evolution: Education and Outreach. 2 (1): 63–74.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: