Tingkatkan Kapasitas Pekerja Kontruksi, Dinas PUPR Mesuji Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kapasitas Pekerja Kontruksi, Dinas PUPR Mesuji Gelar Pelatihan

--

MESUJI, RADARMETRO.DISWAY.ID - Sebagai upaya tindak lanjut atas Rencana Strategis (Renstra) tahun 2023-2026,

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji, menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi. Bertempat di Hotel Grand Praba Kota Bandar Lampung, Rabu, 6 Agustus 2024.

Kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 30 orang itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pekerja konstruksi di Mesuji.

Melalui Program Pengembangan Jasa Konstruksi, kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi, Sub Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Konstruksi Kualifikasi Jabatan Operator, Teknis atau Analis.

"Kami melakukan pelatihan dan uji kompetensi kerja konstruksi kualifikasi teknisi atau analis keselamatan dan kesehatan kerja jenjang 4, dengan harapan ini bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas para pekerja konstruksi di Mesuji,"kata Tius, sapaan akrab Kadis PUPR itu.


--

BACA JUGA:Wahdi vs Kotak Kosong

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Mesuji, yang diwakili Sekertaris Daerah Syamsudin mengatakan,

Sektor jasa konstruksi merupakan salah satu kegiatan masyarakat dalam mewujudkan infrastruktur dan sarana prasarana yang berfungsi sebagai pendukung aktivitas sosial ekonomi dan terwujudnya tujuan pembangunan nasional sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, memberikan jaminan kepastian hukum dan pelaksanaan konstruksi yang lebih tertib.

"Tujuan penyelenggaraan jasa konstruksi antara lain mewujudkan struktur usaha yang kukuh, andal, berdaya saing tinggi. Juga untuk menciptakan hasil jasa konstruksi berkualitas dan mampu mewujudkan keselamatan publik serta kenyamanan lingkungan terbangun,"ujar Levi dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Syamsudin.

Sudah menjadi Kewenangan Pemerintah Kabupaten Mesuji lanjut Penjabat Bupati Mesuji, dalam penyelenggaraan jasa konstruksi adalah melaksanakan pelatihan tenaga terampil konstruksi, menyediakan sistem informasi jasa konstruksi, penerbitan izin usaha nasional kualifikasi kecil, menengah dan besar, serta melaksanakan pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan jasa konstruksi.

BACA JUGA:Para Pemuda Indonesia Mengikuti Seminar Internasional di Kuala lumpur Malaysia

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji, sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan output menciptakan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dengan kualifikasi teknis atau analis personil Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: