Pj.Bupati Pringsewu Hadiri Pertemuan Bersama Presiden di Istana Garuda IKN

Pj.Bupati Pringsewu Hadiri Pertemuan Bersama Presiden di Istana Garuda IKN

Foto: Pj.Bupati Pringsewu Hadiri Pertemuan Bersama Presiden di Istana Garuda IKN-(Reza)-

PRINGSEWU, RADARMETRO.DISWAY.ID - Penjabat (Pj.) Bupati PRINGSEWU Marindo Kurniawan menghadiri acara pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan para kepala daerah dan penjabat kepala daerah seluruh Indonesia di Istana Garuda, Ibukota Nusantara, Selasa 13 Agustus 2024.

Pada pertemuan tersebut, di hadapan para kepala daerah, baik Gubernur/Pj.Gubernur, Bupati/Pj.Bupati serta Walikota/Pj.Walikota, Presiden Jokowi mengatakan pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) telah dimulai sejak 2021-2022 lalu, dimana pembangunannya diperkirakan akan selesai dalam masa 10 hingga 15 tahun mendatang.

Sebab, menurutnya, pembangunan yang saat ini sedang dilaksanakan baru tahap awal atau fase pertama, yaitu berupa infrastruktur dasar.

"Pembangunan IKN tidak hanya membangun gedung-gedung pemerintahan, namun juga membangun sejumlah fasilitas umum seperti properti, rumah sakit, sekolah, hingga hotel dan fasilitas lainnya," ujarnya. 

BACA JUGA:Pemotor Tewas Kecelakaan di Depan SPBU Wates

Lebih lanjut Presiden Jokowi didampingi Wapres KH.Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri, mengatakan bahwa lokasi yang dibangun di IKN, bukan hanya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan sebagai lokasi keberadaan Istana Presiden dan Istana Wapres, Kemenko, Kementerian, dan banyak lagi yang masih belum dibangun.

"Tetapi di luar ini juga ada kawasan-kawasan yang telah dibangun, seperti hotel, universitas, rumah sakit dan lainnya" katanya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa jumlah kepala daerah saat ini, yaitu ada 38 gubernur, 98 walikota dan 416 bupati.

Dari total tersebut, 279 diantaranya merupakan pejabat definitif, baik dari hasil Pilkada 2020 maupun hasil penetapan seperti Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta serta Walikota dan Bupati di wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Jelang Peringatan HUT RI, Walikota Ingatkan ASN Soal ini!

“Kemudian untuk Penjabat atau Pj ada 273 orang, Gubernur Definitif ada 10 orang dan 28 Penjabat Gubernur.

Selain itu ada 35 kepala daerah yang berhalangan hadir dikarenakan masalah kesehatan dan mengikuti Rapat Paripurna di DPRD," kata Mendagri.

Pada kesempatan tersebut, Pj.Bupati Pringsewu bersama para kepala daerah lainnya berkesempatan berkeliling dan melihat dari dekat kondisi dan suasana Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibukota Nusantara, diantaranya Kawasan Sumbu Kebangsaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: