Mengelola Ubi Ungu Menjadi Brownies Diabetes Friendly

Mengelola Ubi Ungu Menjadi Brownies Diabetes Friendly

Foto: Brownies Ubi Ungu -(Istimewa)-

Selain itu, tekstur ubi ungu yang lembut dan manis dapat memberikan rasa dan aroma yang khas pada brownies diabetes friendly tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna ubi mempengaruhi kandungan nutrisinya. Misalnya, ubi merah dan kuning yang tinggi betakaroten, dan ubi ungu yang tinggi antosianin. 

BACA JUGA:Ragam Metode Berkebun di Lahan Sempit

Dikutip dari FoodData Central U.S. Department of Agriculture, kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram ubi ungu, antara lain :

Air: 77,28 gram,Kalori: 86 kkal,Protein: 1,57 gram,Lemak: 0,05 gram,Karbohidrat: 20,12 gram, Serat: 3 gram, Kalsium: 30 miligram, Fosfor: 47 milligra, Zat besi: 0,61 miligram, Natrium: 55 miligram, Kalium: 26,9 miligram, Magnesium: 25 miligram, Seng (Zinc): 0,3 miligram,Beta karoten: 8509 mikrogram,Thiamin: 0,078 miligram, Riboflavin: 0,061 miligram, Niacin: 0,557 miligram, Vitamin C: 2,4 miligram.

Ubi ungu merupakan jenis ubi-ubian yang memiliki kulit dan daging berwarna ungu gelap. Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, ubi ungu juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Rendah glikemik indeks yang dimana ubi ungu memiliki glikemik indeks yang lebih rendah dibandingkan dengan ubi lainnya. Dimana tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang drastis, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan serat, Ubi ungu mengandung serat yang tinggi, penting bagi penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. 

Antioksidan, Ubi ungu mengandung antioksidan seperti anthocyanin dan flavonoid yang tinggi yang dapat mencegah komplikasi diabetes seperti kerusakan saraf, ginjal, dan mata.

Kandungan mineral, Ubi ungu mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor yang tinggi yang membantu menjaga kesehatan jantung, memperbaiki sistem saraf, serta mengatur kadar gula darah.

Karena berbagai manfaat dan kandungan nutrisinya, ubi ungu bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Namun, kami menyarankan untuk mengkonsumsinya dalam porsi yang seimbang.

Berdasarkan penjelasan di atas kita dapat membuat brownis yang dapat di konsumsi tanpa khawatir oleh pengidap penyakit diabetes dengan bahan-bahan sebagai berikut : 

100  gram ubi ungu,1/2 pisang ,1 cangkir oat,1/2 cangkir coklat hitam tanpa gula, dicincang halus,3 tetes vanili1/2 batang coklat hitam,1 sendok teh baking powder,1 butir telur, Air secukupnya,1 sachet gula tropicana slim

Cara membuat:

Cuci ubi ungu dan kupas kulitnya. Potong menjadi potongan kecil dan masukkan ke dalam panci berisi air. Lalu,rebus ubi ungu sampai empuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: