Mengenal Daun Dewa Dan Tips Membudidayakannya Di Lahan Sempit

Mengenal Daun Dewa Dan Tips Membudidayakannya Di Lahan Sempit

Foto: Daun Dewa.-(Istimewa)-

Julia Rahma Utami

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

[email protected] 

Indonesia memiliki ragam tanaman obat yang dipercaya dapat bermanfaat untuk mencegah atau mengobati berbagai macam penyakit.

Hal ini karena tanaman obat berbahan dasar alami sehingga dinilai terbebas dari bahan atau zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu tanaman obat juga lebih murah, mudah didapatkan dan diolah. Berbagai tanaman obat ini bisa diolah menjadi jamu maupun teh herbal

Tentang Daun Dewa

Salah satu tanaman obat yang tidak asing lagi oleh sebagian masyarakat yaitu Tanaman Daun Dewa (Gynura segetum).

Tanaman sejenis herbal ini tumbuh di ketinggian 200 hingga 800 mdpl (meter dari permukaan laut) dan termasuk tanaman golongan terna.

Tinggi daun dewa berkisar antara 30-45 cm dengan panjang daun 20 cm dan lebar daun 10 cm. Daun tanaman ini berbentuk tunggal yang tersebar, mengelilingi batang, dan bertangkai pendek bulat lonjong.

Ciri lain tanaman daun dewa yaitu terdapat empat ujung lancip, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, bergerigi di sekeliling daun dan berwarna hijau. Batang tanaman ini memiliki cabang yang akan bertambah banyak saat umurnya semakin tua. 

Daun dewa sendiri merupakan tanaman asal Burma (Myanmar) dan Tiongkok yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika.

Biasanya orang China menyebutnya Samsit atau aan qi cao, selain itu daun dewa juga terkadang disebut dengan nama beluntas Tiongkok dan berjuluk sebagai si "penyambung nyawa" karena mujarab sebagai obat tradisional dan kandungan fitokimia di dalamnya yang ampuh mengobati beragam penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit yang berbahaya.

Nama daun dewa berasal dari Sumatera. Asal mulanya yaitu karena bentuk fisik daun tanaman ini yang memiliki helaian daun bergerigi seperti hiasan pada pakaian para dewa. Biasanya masyarakat menanam daun dewa di pekarangan rumah, mereka memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Manfaat Daun Dewa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: