Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro Amati Bulan dan Venus

Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro Amati Bulan dan Venus

Foto: Mahasiswa UM Metro Amati Bulan dan Venus-(Riswanto)-

RADARMETRO - Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro menunjukkan semangat yang luar biasa dalam kegiatan praktikum astronomi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2023 di halaman laboratorium Pendidikan Fisika UM Metro.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang pengamatan bulan dan planet Venus serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi fisika. Praktikum ini dipandu oleh dosen pembimbing MK astronomi, Riswanto, M.Pd.Si.

kegiatan praktikum ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menggunakan peralatan teleskop modern model celestron dengan diameter obektif 800 mm dan teleskop moon table model Newtonian dengan diameter objektif sekitar 500 mm. Mereka juga didampingi oleh Dr. Arif Aththibby, M.Pd, dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Metro, Dr. Friska Octavia Rosa, dan Laboran Pak Teguh Muslih, M.Pd., yang memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa selama kegiatan.

Pada pengamatan bulan, mahasiswa dapat melihat dengan jelas formasi kawah dan pegunungan di permukaan bulan. Mereka juga mempelajari fenomena seperti fase bulan dan gerhana bulan.

Kegiatan ini membantu mahasiswa untuk memahami konsep fisika seperti gravitasi, rotasi, dan revolusi.

BACA JUGA:Tim Pengabdian Prodi Akuntansi Lakukan Pendampingan Pengolahan Jamur Tiram di Desa Banjarrejo

Selain itu, mahasiswa juga melakukan pengamatan planet Venus, planet yang terkenal karena kecerahannya di langit malam. Dengan teleskop, mahasiswa dapat melihat permukaan Venus yang berkilauan serta fase Venus yang berubah-ubah. Praktikum ini membantu mahasiswa untuk mempelajari konsep orbit planet dan pergerakan relatif.

Kegiatan praktikum ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan kualitas program studi Pendidikan Fisika di UM Metro.

Dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam praktikum astronomi, program studi ini menunjukkan komitmen mereka dalam menyajikan materi fisika secara menarik dan tidak membosankan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung melalui pengalaman praktis dan interaksi dengan dosen dan laboran yang berpengalaman.

Dr. Arif Aththibby, M.Pd, dekan FKIP UM Metro, menyatakan, "Kegiatan praktikum ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa terhadap fisika. Kami berharap dengan melibatkan mereka dalam pengamatan astronomi, kami dapat menumbuhkan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan dan menginspirasi mereka untuk mengembangkan karir di bidang ini."

Riswanto, M.Pd.Si, selaku dosen pengampu Mk Astronomi program studi Pendidikan Fisika, menambahkan, "Kami ingin mengubah persepsi mahasiswa bahwa fisika adalah mata pelajaran yang membosankan. Melalui kegiatan praktikum ini, kami ingin menunjukkan bahwa fisika dapat dipelajari secara menyenangkan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar melalui pengalaman praktis dan interaksi dengan dosen dan laboran yang berpengalaman, yang merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk pemahaman yang kuat dan pemikiran kritis."

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro berhasil mengambil data foto bulan dan venus, data posisi bulan meliputi azimuth, altitude, RA dan Deklinasinya.

BACA JUGA:Nekat, Youtuber ini masuk Goa Misterius di Bawah Masjid An Nur Karawang Jawa Barat

Melalui kegiatan praktikum astronomi ini, mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro dapat memperoleh pengalaman yang berkesan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pengamatan bulan dan planet Venus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: