Enam Dosen UM Metro Terima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Enam Dosen UM Metro Terima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Foto: Enam Dosen UM Metro Terima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Kemdikbudristek-RI-(Fenny)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah (UM) Metro dengan bangga mengumumkan bahwa enam dosen terkemuka mereka telah dianugerahi pendanaan dalam Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Tahun Anggaran 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek-RI).

Pendanaan ini akan memungkinkan para dosen untuk melaksanakan berbagai proyek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berpotensi memberikan kontribusi positif bagi perkembangan lokal dan nasional.

Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan penelitian yang dilakukan oleh para akademisi

Melalui program ini, para dosen dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.

Keenam dosen yang terpilih untuk mendapatkan pendanaan ini adalah para ahli yang memiliki keahlian di berbagai bidang. Mereka adalah:

1. Dr. Agus Sutanto, M.Si. - Dosen S2 Pendidikan Biologi, dengan judul penelitian tentang Aplikasi Formula Bakteri Indigen Pembuatan Pupuk Organik Limbah Industri Perkebunan untuk Ketahanan Pangan Masa Pandemi. Hibah ini merupakan Skema PTKN Tahun ke-2 dari 3 tahun.

2. Dr. Hening Widowati, M.Si. - Dosen S2 Pendidikan Biologi, dengan judul penelitian tentang Manajemen Penyediaan Pangan Sehat Menuju Pencapaian Sumber Daya Manusia Profetis Universitas Muhammadiyah Metro. Hibah ini merupakan Skema PTUPT Tahun ke-3 dari 3 tahun.

BACA JUGA:Dukung Kejuaraan Surfing Internasional di Pesisir Barat, UM Metro Terjunkan 250 Mahasiswa

3. Dr. Muhfahroyin, M.T.A. – Dosen S2 Pendidikan Biologi, dengan judul penelitian tentang Potensi Vermikompos Tinja Manusia sebagai Sumber Belajar Kontekstual Penguatan Karakter Peduli Lingkungan, skema: PFR Tahun ke-1 dari 3 tahun.

4. Suharno Zen, M.Sc. - Dosen S1 Pendidikan Biologi, dengan judul penelitian tentang Isolasi Senyawa Bioaktif dan Potensi Tanaman Tujuh Angin Polygala Paniculata L sebagai Antinyamuk Aedes Aegypti, skema: PFR Tahun ke-1 dari 2 tahun.

5. Riwanto, M.Pd.Si. - Dosen S1 Pendidikan Fisika, dengan judul pengabdian tentang Pemberdayaan Desa Binaan Banjarrejo Lampung Timur sebagai Desa Digital Sadar Sampah, dengan skema: Program Desa Binaan Multiyear tahun ke-1 dari 3 tahun.

6. Dr. Satrio Budi Wibowo, M.A. - Dosen S1 Bimbingan dan Konseling, dengan judul pengabdian tentang Peningkatan Keterampilan Guru SDN Puji Rahayu dan SND 2 Sido Sari, dengan Skema: PKM Tahun ke-1 dari 1 tahun.

Pendanaan yang diterima oleh keenam dosen ini akan digunakan untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Diharapkan bahwa hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: