Sapi Kurban Jokowi dari Metro Ternyata Lahir saat Pandemi Covid-19

Sapi Kurban Jokowi dari Metro Ternyata Lahir saat Pandemi Covid-19

Foto : Sapi jantan berjenis Simmental Cross milik M. Akbarudin yang dibeli Presiden RI Joko Widodo tengah dilakukan pengecekan administrasi oleh Pemerintah Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Hewan kurban yang  dibeli Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dari Metro ternyata lahir saat pandemi Covid-19. Sapi jantan berjenis Simmental Cross tersebut lahir tepat pada 6 November 2019.

Dimana pada saat ini itu pandemi Covid-19 tengah gencar melanda Indonesia sejak Maret 2019. Pemiliknya yakni M. Akbarudin warga di Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro.

Kepada awak media, ia mengaku sapi tersebut baru dibelinya sejak setahun lalu. Bobot sapi tersebut, kata dia, saat ini mencapai 900 kilogram. 

"Kalau belinya dulu dari peternak lokal yang ada di Metro, dan sudah satu tahun ini saya merawatnya," ujarnya. 

BACA JUGA:Aturan Wajib Masker Dicabut, Masyarakat Diimbau Tetap Jaga PBHS

Menurutnya, sapi tersebut dibeli  Presiden Jokowi melalui aplikasi Kartu Ternak Identik PKH Kementerian Pertanian. Sapi tersebut ia tawarkan dengan harga Rp100 juta. 

"Ya awalnya dibuka dengan harga Rp 100 juta. Tapi setelah negosiasi harga yang disepakati kurang dari Rp 100 juta," ungkapnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk saat ini sapi tersebut tengah dilakukan pemeriksaan administrasi. Selanjutnya nanti akan diambil untuk kurban bagi masyarakat di Lampung. "Kalau sekarang masih diperiksa administrasinya sebelum nanti diambil untuk dikurbankan," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Heri Wiratno menjelaskan, sapi ternak tersebut rencananya akan segera diambil untuk kurban bagi masyarakat Lampung.

Namun saat ini masih dalam proses administrasi. "Ya rencananya sapi untuk kurban ini akan diberikan kepada masyarakat Lampung," tukasnya.

BACA JUGA:93 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Siap Diterjunkan

Diketahui, sapi yang dibeli Presiden Jokowi tersebut berwarna hitam dengan corak putih pada kepalanya.

Terlihat pula beberapa sapi lainnya di kandang ternak sapi milik M. Akbarudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: