Lima Utusan TBM Metro Ikuti Jambore Literasi Lampung 2023

Lima Utusan TBM Metro Ikuti Jambore Literasi Lampung 2023

Foto: Terlihat peserta gelaran Jambore Literasi Lampung tahun 2023. -(MH Naim)-

RADARMETRO - Dalam usaha membangun SDM yang berkualitas, sebanyak lima kelompok penggerak literasi yang tergabung dalam forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kota Metro berbondong-bondong mengikuti gelaran Jambore Literasi Lampung tahun 2023.

Adapun lima kelompok Forum TBM Metro yakni, TBM Ronaa, TBM Mekar Utama, TBM Al Suroya, Komunitas Ruang Pojok, Literasi Lingkungan.

Kantor Bahasa Provinsi Lampung mengadakan Jambore Literasi Lampung. Acara dilaksanakan pada tanggal 23 Juni sampai 24 Juni 2023 di Taman Wisata Wira Garden Batu Putu Bandar Lampung. Kegiatan diikuti peserta dari seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung. 

Sebelumnya, calon peserta mengirimkan esai sebagai syarat utama dalam mengikuti gelaran Jambore Literasi 2023. Selanjutnya yang terpilih mendapat undangan dari panitia dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

BACA JUGA:TBM Ronaa Wakili Provinsi Lampung di Workshop Penggiat Pendidikan Keaksaraan Kemendikbud RI

Gelaran selama dua hari itu berjalan dengan lancar. Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Indonesia Lampung, Desi Prasanti.

Dalam sambutannya, Desi menyampaikan tujuan jambore sekaligus dalam rangka pelatihan penulisan esai dengan menggunakan berbahasa baik dan benar dalam rangka mempersiapkan generasi emas masa depan.

“Dengan bahasa yang baik dan benar, mampu mempersiapkan generasi emas Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya untuk esai yang dibuat akan diterbitkan setelah direview oleh ahli materi. Sedangkan esai yang dibuat menjadi syarat keikutsertaan, para peserta memiliki waktu untuk diperbaiki sebelum diterbitkan.

Dalam kegiatan Jambore Literasi 2023 turut menghadirkan sejumlah jurnalis terkemuka di Provinsi Lampung, di antaranya Adian Saputra dan Juwendra Asdiansyah.

Sesi pertama diisi oleh Adian Saputra, jurnalis senior yang kini berprofesi sebagai redaktur Bahasa di Harian Lampost. Materi yang diberikan tentang "Menulis Esai Yang Baik dan Benar". 

Pemateri selanjutnya adalah Juwendra Asdiansyah, jurnalis senior sekaligus penulis esai. Beberapa karyanya telah dibukukan seperti, Sekincau yang telah diterbitkan pada tahun 2020 dan Pertengkaran Orang Baik terbit tahun 2022. Buku ketiga sedang dalam persiapan terbit.

Selain itu, kegiatan yang berlangsung dua hari ini juga di isi oleh Eni Amaliah. Eni merupakan penggerak Literasi dan Ketua Forum Literasi Lampung. Salah satu kebiasaannya yakni, terlibat dalam donasi buku.

BACA JUGA:Disdkbud Kota Metro Libatkan Guru Nonformal Berantas Peredaran Narkotika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: