Didampingi Rumah BUMN BRI, UMKM Kuliner Baker’s Gram Siap Go Global

Didampingi Rumah BUMN BRI, UMKM Kuliner Baker’s Gram Siap Go Global

Didampingi Rumah BUMN BRI, UMKM Kuliner Baker’s Gram Siap Go Global--Dok BRI

JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- Baker’s Gram, sebuah UMKM yang bergerak di sektor kuliner, kini telah bertransformasi dari skala rumahan menjadi café modern dengan ambisi menembus pasar ekspor global. Transformasi ini tak lepas dari peran pendampingan yang diberikan oleh Rumah BUMN BRI.

Ratna, sang pemilik, mulai merintis bisnis ini sejak duduk di bangku SMP. Ia membantu ibunya yang kala itu menggantikan sang kakak mengelola bakery dalam bridal house milik keluarga.

“Saat itu, bakery kami menjadi bagian dari layanan komprehensif bridal house, mulai dari busana hingga kue pengantin,” ujarnya.

Pada tahun 2000, usaha sempat berhenti sementara karena rumah sedang direnovasi menjadi ruko. Namun, semangat berwirausaha itu kembali berkobar seiring anak-anak yang sudah beranjak dewasa.

BACA JUGA:Dukung UMKM, BRI Kucurkan KUR Rp69,8 Triliun ke Jutaan Debitur

Tepat pada 5 Desember 2023, lahirlah kembali Baker’s Gram dengan konsep baru. Kini, tak hanya roti dan kue yang dijajakan, tapi juga kopi, sarapan, dan menu utama seperti bakmi dan chicken steak di café berlokasi di Gunung Sahari, Jakarta.

Ratna pun melengkapi legalitas usahanya dengan mendirikan PT Genta Tata Boga pada akhir Desember 2024. Semua perizinan seperti NIB, sertifikat halal, hingga izin BPOM kini telah dikantongi.

Sebagai mitra binaan Rumah BUMN BRI sejak 2024, Ratna mengikuti berbagai pelatihan, termasuk digital marketing, e-commerce, hingga sertifikasi halal secara self-declare.

“Saya paling antusias ikut pelatihan marketing digital, karena di era sekarang, penjualan online sangat penting,” ungkapnya.

BACA JUGA:Green Financing BRI Tembus Rp89,9 Triliun hingga Kuartal I 2025

Dukungan penuh dari BRI juga menjadi faktor penting dalam perjalanan Baker’s Gram. Melalui Rumah BUMN Jakarta, BRI juga memberikan kemudahan layanan transaksi keuangan digital seperti EDC Merchant dan QRIS.

“BRI terus berkomitmen menjadi mitra utama pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui Rumah BUMN, kami tidak hanya memberikan akses pelatihan dan pembinaan, tetapi juga mendukung UMKM dengan teknologi dan akses pasar,” ujar Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi.

Tenaga kerja café ini juga didominasi oleh lulusan SMK dan Gen Z yang aktif dalam pengelolaan media sosial dan platform e-commerce. “Mereka punya gaya sendiri, penuh semangat, dan cepat beradaptasi dengan dunia digital,” ujar Ratna.

Saat ini, Baker’s Gram sedang bersiap untuk langkah besar berikutnya: ekspor ke pasar internasional. Jika tak ada aral melintang, mereka akan mengikuti pameran produk UMKM Indonesia di Istanbul pada September 2025, bekerja sama dengan KJRI Istanbul dan Kementerian terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: