Program Komunitas Untuk Iklim Disosialisasikan di Kabupaten Pringsewu

Selasa 30-07-2024,09:35 WIB
Reporter : Reza
Editor : Devi Oktaviansyah

RADARMETRO - Program Komunitas Untuk Iklim (ProKlim) disosislisasikan di Kabupaten Pringsewu. Sosialisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung ini dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Pringsewu A.Fadoli beserta perangkat daerah terkait, camat dan kepala pekon serta pengelola TPST dan TPS3R di Kabupaten Pringsewu. 

Mewakili Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hipni saat membuka sosialisasi di TPST Sido Mandiri, Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu, Senin (29/7/2024), mengatakan Program Komunitas Untuk Iklim merupakan salah satu strategi pemerintah bagi meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi gas rumah kaca.

"Ini merupakan bentuk aksi nyata mendukung upaya pengendalian perubahan iklim global dan mengurangi resiko bencana yang akan terjadi," ujarnya.

BACA JUGA:Jelang HUT RI, Pemkot Metro Mewajibkan Masyarakat Pasang Bendera

Melalui Proklim, kata Hipni, pemerintah mengajak semua individu masyarakat untuk bersama-sama menjadi pelopor dan penggerak gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.

Mewakili Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Emilia Kusumawati, Kabid Tata Lingkungan SM Dwi Tyastuti AN mengungkapkan tujuan sosialisasi ProKlim adalah untuk mendorong berbagai kelompok komunitas masyarakat untuk mengambil peran aktif dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak.

"Pada 2023 telah teregistrasi 68 Kampung Iklim yang tersebar di 9 kabupaten kota di Provinsi Lampung. Sampai Juni 2024, teregistrasi 192 Kampung Iklim di 15 kabupaten kota. Sehingga sampai Juni 2024, Provinsi Lampung telah mendaftarkan 260 Kampung Iklim ke SRN-PPI," ungkapnya.

BACA JUGA:Sentra Wyata Guna Bandung Salurkan Bantuan Untuk Rafi, Warga Mesuji Penderita Tumor di Mata

Di Provinsi Lampung, lanjut Dwi, Kampung Iklim yang sudah mendapat predikat ProKlim Utama adalah Kampung Kabarti, Kelurahan Panjang Utara, Kota Bandarlampung, serta Pekon Gisting Atas, Gisting Bawah, Campang, Tegalbinangun, dan Ngarip, kesemuanya d Kabupaten Tanggamus.

Kategori :