Siger Fest 2024: Meriahkan Edukasi Rupiah dan Pelestarian Cagar Budaya di Metro

Kamis 10-10-2024,17:19 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

RADARMETRO.DISWAY.ID - Rangkaian acara Siger (Semarak Inspirasi dan Gebyar Edukasi Rupiah) Fest 2024 kembali menghadirkan kemeriahan dengan dihelatnya pameran Museum Bank Indonesia di Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana Metro, Kamis 10 Oktober 2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan, menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap rupiah, dan melestarikan cagar budaya.

Ketua Yayasan Hatta, Halida Hatta, dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga terhadap generasi muda Metro yang aktif mensosialisasikan nilai cagar budaya.

“Mereka mencoba membangun kesadaran mengenai pentingnya melestarikan bangunan, lingkungan, dan ruang publik sebagai warisan peradaban masa lalu. Untuk itu, kita juga harus belajar dari masa lalu, mengambil hal-hal baik untuk dikembangkan di masa depan,”ungkapnya.

Halida menekankan pentingnya menjaga keaslian wilayah cagar budaya mengingat agar cagar budaya yang ada tidak musnah mengingat banyaknya bangunan-bangunan baru yang terus berkembang.

“Pariwisata juga tertarik melihat keaslian suatu tempat, melihat bagaimana tempat itu dulu dan bagaimana kondisinya sekarang. Ini akan menjadi kebanggaan dan harga diri bagi Kota Metro,” tegasnya.


--

BACA JUGA:Descatama terima Audiensi Bank Lampung, Bahas Potensi Kerjasama Melalui Pola CSR

Beliau juga mengapresiasi peran anak muda kreatif dalam menjaga budaya dan berkomunikasi melalui media sosial.

“Kita berharap anak-anak muda semakin pintar menulis dan meneliti, lalu menceritakan pengalamannya dalam tulisan-tulisan pendek seperti yang dilakukan oleh Bung Hatta saat muda yang menginspirasi banyak orang, ” tuturnya.

Halida juga berharap para wisatawan yang hadir dapat menjaga kebersihan dan keindahan cagar budaya dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Wisatawan tidak selalu mencari barang, mereka juga ingin merasakan suasana dan kenyamanan sebuah kota yang tercermin dari sikap positif masyarakatnya. Menjaga dan rasa memiliki terhadap lingkungan adalah kunci untuk mencintai kota ini, “pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam terselenggaranya Siger Fest 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, termasuk para pimpinan OPD, Tim Ahli Cagar Budaya, dan Perwakilan Kuliner Lampung yang turut mempromosikan kekayaan kuliner kita. Semoga acara ini memberikan manfaat besar bagi semua pihak,” ujarnya.

Junanto menjelaskan bahwa Siger Fest 2024 merupakan salah satu upaya BI dalam memperkenalkan sejarah uang rupiah kepada masyarakat, khususnya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Uang yang jatuh pada bulan Oktober.

Kategori :