Siger Fest 2024: Meriahkan Edukasi Rupiah dan Pelestarian Cagar Budaya di Metro

Kamis 10-10-2024,17:19 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

“Kami ingin mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda tentang pentingnya cinta, bangga, dan paham terhadap rupiah sebagai simbol kedaulatan negara dengan menghadirkan Musium Bank Indonesia untuk dapat melihat uang dan segala macam sejarah dari perjalanan zaman,” imbuhnya.

BACA JUGA:Sebagai Tolak Ukur Keberhasilan, Pemerintah Metro Sambut Tim Verifikasi Lapangan STPM Award 2024

Selain itu, Siger Fest juga menjadi wadah untuk mempromosikan dan melestarikan cagar budaya di Lampung yang merupakan salah satu konsen Bank Indonesia, karena di dalamnya tersimpan nilai sejarah dan peradaban bangsa, termasuk Gedung-gedung Bank Indonesia yang lama, hampir semuanya tetap dilestarikan.

Tak hanya itu, dalam kegiatan Siger Fest 2024 Bank Indonesia juga memberikan bantuan dan dukungan kepada Wedana Space dan beberapa tempat Cagar Budaya lainnya, terutama kepada komunitasnya.

“Tujuannya adalah agar anak-anak muda tetap mencintai cagar budaya, karena dari sejarah kita banyak belajar dan BI bangga dengan anak-anak muda yang mencintai cagar budaya dan peduli pada komunitas,” ungkap perwakilan BI.

Menurut perwakilan BI Provinsi Lampung tersebut, dalam melestarikan cagar budaya kita sangat memerlukan peran aktif anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas pencinta cagar budaya dengan harapannya anak-anak muda dapat mempelajari sejarah, memahami perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan dan membangun negara.

Asisten II Sekda Kota Metro, Yerri Ehwan, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas penyelenggaraan Siger Fest 2024 mengingat pentingnya edukasi keuangan dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan mandiri secara ekonomi.

“Festival ini memadukan dua elemen penting, yaitu inspirasi edukasi dan literasi keuangan. Melalui berbagai kegiatan kreatif dan interaktif diharapkan masyarakat, terutama para pelajar dapat memahami pentingnya pengelolaan keuangan dan penggunaan rupiah sebagai simbol kebanggaan dan kedaulatan negara,” ujar Yerri.

BACA JUGA:PT Pusri Gandeng Pemkot Metro Bentuk Kartini Tani Indonesia

Siger Fest 2024 juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam mendukung edukasi keuangan, membangun literasi keuangan, dan mendorong penggunaan rupiah di kehidupan sehari-hari.

“Semoga festival ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta memberikan manfaat yang nyata bagi kita semua,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama melalui Program Bank Indonesia memberikan dedikasi untuk negeri sarana pendukung aktivitas belajar dan mengajar kepada Kelompok Kerja Kepala Sekolah tingkat TK, SD dan SMP di Kota Metro. (adv)

Kategori :