JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu merambah pasar global.
Salah satu wujud nyata dari komitmen ini adalah partisipasi dua UMKM binaan BRI di ajang internasional bergengsi Specialty Coffee Expo 2025, yang berlangsung pada 25–27 April 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat.
Dua UMKM kopi yang diberangkatkan adalah Ci Kopi Mang Eko dari Jawa Barat dan Caldera Coffee asal Sumatera Utara.
mereka di pameran ini difasilitasi oleh Kantor Perwakilan BRI New York, bekerja sama dengan KBRI Washington DC melalui Atase Perdagangan.
BACA JUGA:BRI Liga 1 2024/2025 Resmi Ditutup, Sepak Bola dan Ekonomi Lokal Makin Bergeliat
Kedua UMKM mendapatkan booth di Paviliun Indonesia, tempat mereka menampilkan kopi unggulan kepada pengunjung global, membuka peluang kemitraan, dan menjajaki potensi ekspansi pasar ke AS maupun negara lain.
Sebagai pameran kopi spesialti terbesar di dunia, Specialty Coffee Expo diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association (SCA).
Acara ini menjadi magnet bagi ribuan pelaku industri kopi dari berbagai belahan dunia, mulai dari roaster, importir, pengecer, profesional F&B, hingga penggemar kopi.
Tahun ini, lebih dari 600 peserta dari banyak negara turut ambil bagian, dengan beragam sesi edukatif seperti 60 seminar tematik, 20 lokakarya intensif, dan program-program unggulan seperti Roaster Village, Cupping Exchange, serta penghargaan Coffee Design Awards dan Best New Product Awards.
BACA JUGA:UMKM BRI Tancap Gas di Awal 2025: Permintaan Naik, Digitalisasi Meluas
Selama pameran, kedua UMKM binaan BRI tidak hanya menampilkan produk terbaiknya, tetapi juga terlibat aktif dalam sesi cupping, lokakarya industri, serta menjalin koneksi dengan pelaku usaha dari berbagai negara.
Partisipasi ini menjadi langkah konkret dalam membuka akses pasar internasional serta meningkatkan daya saing produk kopi Indonesia yang dikenal dengan kualitas dan karakteristik rasa yang khas.
Keterlibatan aktif selama tiga hari pameran berhasil membuahkan hasil positif, di mana kedua UMKM binaan BRI mencatatkan potensi kesepakatan bisnis (potential deal) dengan total nilai mencapai USD 945.000.
Capaian ini menjadi indikator kuat bahwa produk kopi Indonesia memiliki daya saing tinggi dan diminati oleh pasar global, khususnya di Amerika Serikat sebagai salah satu pasar kopi terbesar di dunia.
BACA JUGA:Diganjar Penghargaan, BRI Buktikan Komitmen terhadap Urban Farming dan Pemberdayaan Wanita