JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- Siapa sangka, dari sebuah sudut kecil di Mojokerto, Jawa Timur, lahir sebuah merek rempah yang kini harum namanya hingga ke pasar internasional.
Adalah Labuna (Lada Bubuk Nusantara) yang berhasil menembus dominasi merek-merek besar dengan semangat lokalitas, inovasi, dan pemberdayaan.
Cerita Labuna dimulai pada 2017, ketika Rudi—seorang pemuda daerah melihat peluang besar di balik minimnya pemain lokal dalam pasar lada kemasan sachet.
Dengan tekad dan keberanian, ia merintis bisnis dari nol, sambil menggandeng petani sekitar untuk memastikan kualitas dan pasokan tetap terjaga.
BACA JUGA:BRI Sukses Kawal Penyaluran Bantuan Subsidi Upah 2025
BACA JUGA:Keterbatasan Akses Digital Tak Halangi Dede Jadi Agen BRILink Andalan Desa
.Awalnya memproduksi lada bubuk, namun seiring berjalannya waktu Labuna terus berkembang dengan memperluas lini produk ke rempah-rempah lain seperti kunyit bubuk, ketumbar bubuk, hingga bumbu khas Nusantara lainnya.
Kini distribusi produk Labuna telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Sorong, Palu, Samarinda, dan kota-kota besar di Pulau Jawa.
Transformasi Labuna sebagai UMKM naik kelas tak lepas dari peran BRI melalui program Pengusaha Muda Brilian (PMB).
Sejak bergabung dengan PMB pada 2022, Labuna mendapatkan pelatihan intensif, mentoring, hingga evaluasi menyeluruh dalam pengembangan produk, pemasaran, dan manajemen usaha.
BACA JUGA:Keterbatasan Akses Digital Tak Halangi Dede Jadi Agen BRILink Andalan Desa
“Banyak hal bermanfaat dan membantu yang didapat dari PMB BRI, ” ujar Marketing Labuna Libri Annisa.
Puncak pencapaian Labuna sebagai UMKM binaan BRI terjadi pada ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025, di mana Labuna sukses meraih penghargaan Best Expo, sebuah pengakuan atas kualitas produk dan kesiapan menghadapi pasar yang lebih luas.
Atas prestasi tersebut, BRI merekomendasikan Labuna untuk mewakili Indonesia dalam ajang Food & Hotel Asia (FHA) di Singapura, salah satu pameran industri makanan dan minuman terbesar di Asia.
“Alhamdulillah kami diikutsertakan dalam event FHA oleh BRI, mewakili Indonesian Pavilion, setelah mendapatkan gelar Best Expo pada BRI UMKM EXPO(RT) 2025.