30 Murid SMA/SMK Se-Lampung Juarai UM Metro's Got Talent 2023

30 Murid SMA/SMK Se-Lampung Juarai UM Metro's Got Talent 2023

Foto: TUNJUKKAN PRESTASI: Sebanyak 30 finalis First UM Metro’s Got Talent 2023 yang berasal dari SMA/SMK se-Lampung, berhasil menunjukkan prestasi mereka, sehingga melenggang ke babak final.-(Aliando)-

RADARMETRO – Sebanyak 30 finalis murid terbaik SMA/SMK se-Provinsi Lampung sukses adu skill dalam ajang Universitas Muhammadiyah (UM) Metro's Got Talent 2023 di aula gedung E universitas setempat. Perlombaan yang dimotori oleh UM Metro itu, merupakan program kerja Wakil Rektor 4, Muhammad Ihsan Dacholfany.

Ihsan mengatakan, acara ini kali pertama dan diharapkan berlanjut setiap tahun. Tujuannya semakin memperkenalkan kampus UM Metro kepada masyarakat luas. Sehingga kelak tertarik dan bergabung menjadi mahasiswa. Selain itu untuk menggali minat, bakat, dan keterampilan. Sehingga dapat tersalurkan dengan baik dan tepat yang diinginkan.

”Perlombaan ini diikuti 30 peserta terbaik SMA/SMK se-Provinsi Lampung. Yang dilombakan adalah baca puisi, qori, adzan, pidato, cover lagu solo/group, dan seni tari nusantara,” ujar Ihsan.  

Ketua Pelaksana Kegiatan, Syaifuddin Latif menyebutkan, perlombaan ini meliputi beberapa tahapan. Pertama proses pendaftaran dimulai pada tanggal 1 Juni hingga 2 Juli 2023. Kemudian seleksi babak penyisihan dilaksanakan 3 sampai 7 Juli. 

”Jumlah awalnya, pendaftar sebanyak 200 peserta dari seluruh Provinsi Lampung. Lalu tanggal 8 Juli ada pengumuman yang berhak masuk 30 besar (finalis). Terus masuk babak final pada 12 Juli 2023," ujar Wakil Dekan 3 FKIP itu. 

Bagi para juri, Ihsan melanjutkan, ketika menyeleksi peserta tentu tidak mudah. Perlu pemikiran yang sangat luar biasa. Selain itu, para juri juga harus merefleksikan bahwa kegiatan ini bertujuan mewadahi bakat dan minat serta meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan inovasi siswa-siswi sekolah menengah. 

BACA JUGA:UM Metro's Got Talent 2023 Sukses, Diikuti 300an Peserta Se-Lampung & Dukungan Sponsorship

”Insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut dan berkembang menjadi kebanggaan Kota Metro serta masyarakat Lampung," harap ketua pelaksana.

Syaifuddin menambahkan, perguruan tinggi UM Metro terus berusaha sekuat tenaga memfasilitasi kegiatan mahasiswa, dengan mendorong agar aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan

“Di level prodi, ada himpunan mahasiswa program studi. Di level universitas ada unit kegiatan mahasiswa dan ikatan mahasiswa Muhammadiyah. kegiatan kemahasiswaan saat ini memiliki posisi penting. Mengingat bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan soft skill yang makin dipandang penting untuk dibekalkan pada mahasiswa untuk memenuhi tuntunan dunia kerja," jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Nyoto Suseno. Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab jadi salah satu upaya untuk mewujudkan UM Metro selaku lembaga pendidikan sebagai solusi sukses menuju masa depan. 

"Tujuannya adalah untuk menyambungkan antara pendidikan yang diselenggarakan di Metro ini dengan lapangan pekerjaan. Kemudian kita menyelenggarakan UM Metro’s Got Talent. Paradigmanya bahwa Kurikulum Merdeka saat ini tidak hanya menggunakan taksonomi bloom," papar rektor.

Nyoto menginginkan, UM Metro benar-benar mewujudkan slogan ”Solusi Sukses Masa Depan”. Maka dilaksanakan kegiatan tersebut, supaya masing-masing siswa, terutama yang dari SD, SMP, SMA/SMK bisa menyambungkan dengan minat bakat dan kemampuannya. 

BACA JUGA:Konferwil XI NU Lampung di Metro Akan Dijadikan Percontohan Bagi PWNU se-Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: