Diduga Selingkuh, Guru Terancam Dipecat dari ASN

Diduga Selingkuh, Guru Terancam Dipecat dari ASN

Foto: Ilustrasi-(Rian)-

RADARMETRO - Terkait dugaan perselingkuhan yang dilakukan oknum guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial RD bersama rekan wanitanya RN di Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung terancam dipecat.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Inspektorat Tubaba Perana Putera didampingi Irban V Muslim saat dihubungi via telepon, Jumat (24/03/2023).

Menurutnya, pihak Inspektorat Tubaba akan segera mengambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan. Namun, pihaknya menunggu laporan dan koordinasi dari Disdikbud Tubaba terlebih dahulu selaku atasan dan unit kerja yang bersangkutan agar tidak overlap pemeriksaan.

"Jika terbukti terjadi perselingkuhan itu, maka dimungkinkan dapat diberikan sanksi sampai pemberhentian sebagai ASN tergantung telaah dan kesimpulan tim atas fakta dan ketentuan yang dilanggar. Dan untuk terkait dugaan unsur pidananya, kita serahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH)," kata Muslim.

BACA JUGA:Glow Up Alami Selama Ramadan, Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tubaba Budiman Jaya akan segera melakukan pemanggilan terhadap terduga pelaku untuk dimintai klarifikasi peristiwa sebenarnya.

"Kita belum menerima laporan masuk atas dugaan kasus tersebut. Sebab itu, nanti kita akan meminta Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk segera mengkonfirmasi kebenaran pemberitaan dugaan perselingkuhan dengan memanggil oknum guru itu melalui pengawas untuk klarifikasi," terangnya.

Lanjut dia, setelah diklarifikasi maka selanjutnya akan diserahkan ke Inspektorat dan BKPSDM untuk diambil tindakan jika memang yang bersangkutan terbukti ada pelanggaran sebagai ASN.

"Secepatnya akan kita panggil oknum guru tersebut, mungkin pada Senin atau Selasa pekan depan. Tentunya jika terbukti, maka pelanggaran ini sangat fatal sesuai PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil," tegasnya.

BACA JUGA:Warga Pertanyakan Ganti Rugi Pemkab Tubaba yang Tidak Kunjung Cair

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: