Masuk 5 Besar Tingkat Nasional, Kelurahan Yosorejo Berpeluang Menang

Masuk 5 Besar Tingkat Nasional, Kelurahan Yosorejo Berpeluang Menang

Foto : Koordinator Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Nasional pada Regional I Sumatera, Tiyar Cahya Kusuma saat melakukan klarifikasi lapangan pada lomba kelurahan di Kelurahan Yosorejo, Jumat (28/7/2023). -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional pada Regional I Sumatera mengaku kelurahan Yosorejo, Kota Metro, Provinsi Lampung berpeluang menang menjadi juara. Dimana sebagai wakil Provinsi Lampung kelurahan Yosorejo masuk 5 besar untuk mengikuti penilaian lomba kelurahan tingkat nasional

Koordinator Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Nasional pada Regional I Sumatera, Tiyar Cahya Kusuma mengatakan, ada 5 kelurahan se-Sumatera yang masuk dalam penilaian lomba tahap klarifikasi tahun ini. Kelima kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Balai Jaring (Sumatera Barat), Kelurahan Laksamana (Riau), Kelurahan Ogan Baru (Sumatera Selatan), Kelurahan Yososejo (Lampung) dan Kelurahan Sungai Liat (Bangka Belitung). 

"Jadi lomba kelurahan ini dimulai dari  tahap pelaksanaan penilaian administrasi, klarifikasi, pemaparan dan penetapan. Untuk Regional I yakni Pulau Sumatera dari 9 Provinsi, kita pilih 5 yang lolos untuk tahap klarifikasi lapangan salah satunya Kelurahan Yoserejo. Nah dari tahap penilaian klarifikasi ini nantinya kita akan menentukan 3 yang lolos dalam tahap pemaparan," terangnya. 

BACA JUGA:Setelah Bakar Al-Quran Kini Swedia Izinkan Pembakaran Taurat, Israel Kebakaran Jenggot

Menurutnya, dari 5 kelurahan se-Sumatera tersebut seluruhnya berpeluang untuk menang. Namun nanti tim gabungan akan melakukan rapat pleno terlebih dahulu, untuk menentukan 3 besar kelurahan yang akan lolos tahap selanjutnya. 

"Untuk di Metro ini yang kelima. Dari 5 pasti semuanya berpeluang (menang, red). Tapi dari mekanisme nanti akan ada pleno  dipimpin oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa. Kemudian diikuti oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Komunikasi. Nah nanti akan dirapatkan pleno untuk dipilih dari 5 menjadi 3 besar," ungkapnya. 

Menurutnya, setiap kelurahan peserta lomba memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk keunggulannya Kota Metro sudah banyak inovasi-inovasi yang lahir dari dukungan pemerintah tingkat Kota Metro dan Provinsi Lampung. 

"Untuk keunggulannya ada Smart Vallage terkait juga dengan sistem pelayananya. Kita melihat tidak hanya dari pelayannya, tapi juga melihat dari regulasi atau kebijakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada, apakah sudah mendukung dengan regulasi atau belum," ungkapnya. 

Selanjutnya, budidaya lebah sangat baik dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Meski begitu, kata Tiyar perlu adanya dukungan pemerintah dalam upaya pengembangan budidaya tersebut khususnya dalam hal pemasaran.

BACA JUGA:KPU Lampung : Progres Verifikasi Perbaikan Berkas Bacaleg Capai 75 Persen

"Lebah sangat baik terkait dengan pemberdayaannya. Apalagi kelurahan Yosorejo tadi kita lihat ada inovasi budidaya lebah yang dapat memproduksi madu. Ini menjadi kegiatan yang positif untuk didukung pengembangan-pengembangan. Cuma perlu didukung lagi nih untuk pemasarannya," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: