URO UNILA Juara II IFAC World Congress 2023 di Jepang

URO UNILA Juara II IFAC World Congress 2023 di Jepang

FOTO: BERJAYA DI YOKOHAMA: Tim URO UNILA sukses berjaya di Yokohama, Jepang, dengan sabet Juara II Dunia IFAC World Drone Competition 2023, dengan Jepang sebagai Juara I dan Malaysia Juara III.-(Istimewa)-

RADARMETRO – Tim Riset UNILA Robotika dan Otomasi (URO) sukses memukau mata dunia. Bagaimana tidak, wahana unmanned aerial vehicle (UAV) jenis fixed wing electric motor milik URO sukses take off, bermanuver, dan landing di sekitar Sea Paradise Hakkeijima, Yokohama, Jepang, medio Juli 2023 lalu. 

Melalui siaran persnya, Tim Humas UNILA Ardian mengatakan, URO sukses meraih posisi Juara II dalam ajang International Federation of Automatic Control World Drone Competition 2023 (IFAC WDC 2023) pada 11-13 Juni 2023. Kompetisi ini merupakan bagian dari perhelatan IFAC World Congress 2023 di Yokohama, Jepang, yang secara khusus disponsori IFAC WC 2023 dan Advanced Robotic Foundation (ARF).

Kompetisi ini mengusung tema “Long-Distance Flights by Unmanned Aerial Vehicle for Disaster Response and Logistics”. Di mana ada dua misi yang harus diselesaikan tiap tim. 

Dua misi tersebut yaitu misi pemantauan secara cepat saat bencana terjadi yang dilanjutkan dengan mapping dan monitoring area pengungsian. Misi kedua melakukan dropping obat-obatan di area pengungsian

”Setelah 32 kilometer melintasi lautan tanpa henti, wahana drone Tim URO UNILA berhasil menuntaskan misi yang dipertandingkan dalam ajang kompetisi kelas dunia IFAC WDC 2023 pada 11-13 Juni 2023,” ujar Ardian.  

Momen detik-detik pendaratan sempat terekam kamera salah satu anggota. Saat itu, dari kejauhan wahana drone berwarna putih terlihat semakin mendekat menuju titik pendaratan.

Para anggota tim tampak bersiap, tetap fokus, dan tenang, sambil menunggu dan mendokumentasikan pendaratan. 

”Rasa syukur kemudian menyelimuti tim saat wahana drone mendarat dengan sempurna. Tiga anggota dengan sigap menghampiri drone. Sementara yang lain mengingatkan untuk segera melakukan checklist.

Rekor waktu misi terbang wahana Tim URO UNILA tercatat 35 menit. Angka itu mengantarkan Tim URO UNILA pada posisi Juara II Dunia IFAC World Drone Competition 2023,” Ardian menerangkan. 

BACA JUGA:Wakil Ketua KPK Jelaskan Alasan Minta Maaf Pada TNI

Adapun tim yang berbangga atas pencapaian ini, terdiri dari Ardian Ulvan (Chief of the Mission; Flight Controller and Data Analytic), Melvi (LTE-based Wireless Telemetry and Video Streaming), Mona Arif Muda Batubara (Airframe Structure and Aerodynamics), M. Rafif Musyaffa (Mahasiswa – Pilot and Autonomous System). 

Selanjutnya, Yusuf Rizki Sulardi Akbar (Mahasiswa – Flight Engineer and Launcher System), Dwikashinta Purwanda Putra (Mahasiswa – Ground Control Station and Image Processing), dan Aris Susilo (Teknisi – Mission Planner and Data Processing), yang berhalangan hadir ke Yokohama. Seluruhnya merupakan dosen, mahasiswa, dan teknisi laboratorium di Fakultas Teknik (FT) UNILA.

”Bersanding di tiga besar bersama Jepang (Juara I) dan Malaysia (Juara III), keberhasilan Juara II menjadi suatu kebanggaan luar biasa bagi Tim URO UNILA. Terlebih, mereka satu-satunya delegasi Indonesia yang berkompetisi dengan 13 tim lainnya dari berbagai negara,” tutur Ardian penuh syukur.

Untuk diketahui, IFAC WDC 2023 merupakan kompetisi terbuka yang mempertandingkan sistem UAV tercanggih di dunia, sistem propulsi, sistem kontrol, sistem komunikasi, sistem stasiun kontrol darat, dan teknologi terintegrasi, serta teknologi canggih untuk kasus penggunaan tanggap bencana dan transportasi barang darurat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: