Kejari Tanggamus Optimalkan Pengelolaan DD Lewat RUBIKON dan JAGA DESA

Kejari Tanggamus Optimalkan Pengelolaan DD Lewat RUBIKON dan JAGA DESA

FOTO: FGD RUBIKON-JAGA DESA: Kajari Tanggamus Yunardi dan jajaran bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, mengadakan FGD untuk optimalisasi Program RUBIKON dan JAGA DESA, yang diikuti enam pekon dari sejumlah kecamatan di Tanggamus.-(Albertus Yogy)-

RADARMETRO– Enam pekon (desa) di Kabupaten Tanggamus ikuti forum group disscussion (FGD), dalam rangka saling bersinergi mengoptimalkan pengelolaan Dana Desa dan pembagian BLT DD, melalui Program Ruang Bina Pekon (RUBIKON) dan Jaksa Garda Desa (JAGA DESA) pada Kejaksaan Negeri Tanggamus bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten setempat.

FGD pada Senin (7/8/2023) tersebut, diikuti oleh aparatur Pekon Kejayaan, Purwodadi, Terbaya, Kalisari, Kunyayan, dan Pekon Soponyono. Acara ini diadakan sebagai upaya kolaboratif agar pengelolaan Dana Desa (DD) dan penyaluran BLT DD kepada masyarakat, tepat sasaran dan sesuai dengan aturan.

Sosialisasi dan FGD dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanggamus, Yunardi, S.H., M.H. Dia menjelaskan tujuan dan pentingnya Program RUBIKON dan Program JAGA DESA. Yaitu sebagai upaya mitigasi risiko penyebab penyalahgunaan DD. 

BACA JUGA:RSU Muhammadiyah Metro Rekrut 3 Dokter Umum, Berikut Ini Persyaratannya

Selama FGD, Kajari Yuardi menegaskan, berbagai topik dan isu terkait dengan pengelolaan DD dan penyaluran BLT DD, dibahas secara mendalam.

Diskusi meliputi aspek hukum yang relevan dengan kegiatan pendampingan hukum (legal assistance). 

”Tentunya menggunakan instrumen Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dan pengawalan hukum, yang mengoptimalisasi peran Intelijen melalui Program JAGA DESA,” ujar kajari. 

Upaya kolaboratif antara Kejaksaan Negeri Tanggamus khususnya Bidang Datun dan Bidang Intelijen, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan seluruh pekon binaan Kejaksaan Negeri Tanggamus, lanjut  Yunardi, harus terus dibangun. 

”Sehingga pembangunan desa melalui seluruh programnya, dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran. Kemudian penyaluran BLT DD dapat berjalan kondusif dan tepat sasaran,” tandas mantan Kasi I Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta itu.

BACA JUGA:Buka Sidang Umum AIPA, Puan Maharani Tekankan Agenda Strategis Ini  

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanggamus Arpin, Camat Gisting, Camat Kotaagung, Camat Talangpadang, Camat Wonosobo, Kacabjari Tanggamus di Talangpadang, para Kepala Seksi Kejari Tanggamus, beserta enam Kepala Pekon peserta FGD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: