Waspada Dampak El Nino, Pemkot Metro Kebut Perbaikan Irigasi

Waspada Dampak El Nino, Pemkot Metro Kebut Perbaikan Irigasi

Waspada Dampak El Nino, Pemkot Metro Kebut Perbaikan Irigasi RADARMETRO - Upaya mengantisipasi dampak fenomena El Nino dilakukan Pemerintah Kota Metro. Dimana upaya tersebut dilakukan dengan memantau sejumlah perbaikan infrastruktur di lahan pertanian ko-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Upaya mengantisipasi dampak fenomena El Nino dilakukan Pemerintah Kota Metro. Dimana upaya tersebut dilakukan dengan memantau sejumlah perbaikan infrastruktur di lahan pertanian kota setempat. 

Dikonfirmasi awak media, Walikota Metro Wahdi mengatakan, perbaikan sarana dan prasarana pertanian dilakukan pada saluran irigasi areal persawahan dan Jalan Usaha Tani (JUT).

Ini terutama di wilayah yang berada di Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan. 

"Pemerintah berupaya menjaga stabilitas hasil panen menghadapi dampak fenomena El Nino. Jadi kita kebut peningkatan kualitas infrastruktur khususnya pada sarana dan prasarana penunjang produktivitas pertanian," terangnya, Rabu (23/8/2023). 

BACA JUGA:Karnila Ali Terpilih Sebagai Sekretaris Asosiasi Pusat Karir Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah

Menurutnya, antisipasi tersebut dilakukan untuk menghadapi masalah yang akan muncul pada musim ini. Sehingga pihaknya mengupayakan perbaikan fasilitas di lahan pertanian.

"Kita sudah meninjau beberapa pembangunan yang dilakukan oleh Pokmas ya. Seperti pembangunan irigasi di sekitar areal persawahan, untuk memastikan distribusi air tercukupi," katanya. 

Lebih lanjut, jelasnya, pembangunan JUT dilakukan untuk mempermudah akses petani khususnya dalam mengakut hasil panen.

Terlebih fenomena El Nino saat ini  menimbulkan perubahan cuaca yang  berdampak terhadap berkurangnya intensitas curah hujan.

"Sehingga dapat menimbulkan kekeringan. Jadi dalam tinjauan tadi tentu juga kita melihat, ada beberapa drainase yang sedang diperbaiki. Kemudian, JUT yang dikerjakan oleh Pokmas," ujarnya. 

BACA JUGA:15 Cabor di Lampung Lolos Prapon, Cabor Apa Saja?

Ia berharap dengan perbaikan sarpras tersebut nantinya dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Khususnya di 

Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). "Maka itu, LP2B itu makanya saya minta betul-betul dikerjakan dengan baik," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: