Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro Gelar Workshop Pemanfaatan AI dalam Pengembangan Modul Ajar

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro Gelar Workshop Pemanfaatan AI dalam Pengembangan Modul Ajar

Foto: Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro Gelar Workshop Pemanfaatan AI dalam Pengembangan Modul Ajar-(Fenny)-

RADARMETRO - Dalam semangat pengabdian kepada masyarakat, lima orang dosen yaitu Amirudin Latif, Bambang Eko S, Refa’i, Aulia Hanifah Qomar, dan Fitri Palupi K dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Metro telah memberikan kontribusi berupa workshop kepada Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Boarding School di Metro, Lampung.

Pengabdian ini melibatkan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai media pendukung dalam pengembangan modul ajar.

Amirudin Latif, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro, telah menginisiasi proyek kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MAM Boarding School.

Proyek ini mengintegrasikan teknologi AI dengan kurikulum pendidikan, dengan tujuan akhir untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan modul ajar yang inovatif.

Salah satu langkah utama dalam proyek ini adalah penggunaan aplikasi berbasis AI yang dirancang khusus untuk membantu guru dalam mengembangan modul ajar pada kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Oknum Paspampres Diduga Menculik dan Menganiaya Pemuda Asal Aceh Hingga Tewas

Aplikasi ini dapat menganalisis tingkat pemahaman siswa, mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian lebih, dan memberikan rekomendasi modul yang sesuai dengan kebutuhan individual siswa.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi belajar siswa dan memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang sesuai dengan kemampuannya.

Dalam wawancara eksklusif, Refa’i, M.Pd menyatakan, pihaknya sangat antusias untuk menerapkan teknologi AI dalam pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boarding School.

"Dengan pendekatan ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individual setiap siswa," ujarnya. 

Pihak Madrasah Aliyah Muhammadiyah Boarding School juga menyambut baik inisiatif ini. 

Kepala sekolah, Hendri Suryadi, S.Pd menyatakan, pihaknya mengapresiasi dedikasi dan kerja keras dari Tim Dosen PBI Universitas Muhammadiyah Metro. 

"Langkah ini bukan hanya menghadirkan inovasi dalam pembelajaran, tetapi juga mendukung visi kami untuk menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan global," sanjungnya.

Proyek ini masih dalam tahap uji coba dan pengembangan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: