Pengguna Wajib Paham, Ini Beda Paylater dan Pinjol

Pengguna Wajib Paham, Ini Beda Paylater dan Pinjol

Foto: Ilustrasi --

RADARMETRO- Tak bisa dipungkiri perkembangan zaman dan teknologi membuat transaksi digital kian populer dan banyak digunakan di kalangan masyarakat.

Saat ini hampir semua lapisan masyarakat baik dari kelas bawah maupun menengah sudah tak asing lagi dengan istilah pinjaman online (pinjol) dan paylater.

Namun masih banyak yang salah paham terkait pengertian Pinjol dan Paylater. Sekilas keduanya memang terlihat mirip dimana pengguna pinjol dan paylater sama-sama meminjam uang untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Ternyata pinjol dan paylater memiliki perbedaan sejumlah perbedaan.

Sebenarnya apa perbedaan Pinjol dan Paylater ? Secara garis besar pinjol dan paylater memiliki empat perbedaan yang signifikan yakni pada definisi, tujuan pemakaian, segi keamanan serta proses penyaluran dananya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan perbedaan keduanya.

1. Defenisi

Paylater

Paylater adalah sebuah layanan yang memungkinkan masyarakat untuk menunda pembayaran atau berutang saat hendak membeli suatu barang atau jasa.

Paylater lebih merupakan fitur dan bukan termasuk lembaga jasa keuangan. Lebih mudahnya, fitur Paylater dapat memudahkan pembelian suatu produk atau jasa dengan cara menunda pembayaran atau pihak yang berutang wajib dilunas di kemudian hari.

Pinjol

Pinjol sendiri merupakan lembaga jasa keuangan yang fungsinya menyalurkan pinjaman tunai kepada masyarakat.

Dana yang disalurkan kepada para peminjam didapat dari para pemberi pinjaman yang berinvestasi di perusahaan penyedia pinjaman online tersebut.

Lender atau pemberi pinjaman pun akan memperoleh keuntungan dari bunga yang dibayarkan oleh para peminjam.

2. Tujuan Pemakaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: