Dampak El Nino Harga Beras Melambung Tinggi

Dampak El Nino Harga Beras Melambung Tinggi

Foto : Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro, Elmanani membenarkan kenaikan harga beras akibat fenomena El Nino.-(Ria Riski A.P)-

RADATMETRO - Dampak fenomena El Nino kembali dirasakan masyarakat di Kota Metro. Ini terutama naiknya sejumlah harga bahan pokok (Bapok) utamanya pada komoditas beras. 

Di mana harga beras di beberapa pasar tradisional di Kota Metro mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bila sebelumnya beras medium mencapai kisaran harga Rp.9 ribu sampai Rp.10 ribu per kilogram kini menjadi Rp.12.500 per kg.

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro, Elmanani membenarkan kenaikan harga beras tersebut.

Ia mengatakan, kenaikan harga beras tersebut terjadi akibat dampak fenomena El Nino di Kota Metro. Kondisi ini bahkan sudah terjadi sejak  dua pekan terakhir. 

"Iya harga beras sudah sekitar dua minggu ini mulai naik. Untuk yang kualitas medium itu sekarang sudah menjadi Rp.12.500," terangnya, Rabu (6/9/2023). 

BACA JUGA:Dampak El Nino, DKP3 Akui Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Metro Terancam Gagal Panen

Menurutnya, untuk menekan kenaikan harga beras tersebut pihaknya sudah bekerjasama dengan Bulog Subdivre Lampung Tengah. Ini untuk melaksanakan operasi pasar (OP) secara berkelanjutan. 

"Stok beras di Bulog itu masih banyak, jadi kita kerjasama untuk rutin melakukan operasi pasar ini di beberapa pasar di Metro. Dan kemarin  juga sudah kita lakukan OP ini," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Bulog juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa kios dan toko. Ini untuk menjualkan berasnya di tempat tersebut dengan harga standar.

"Jadi Bulog juga sudah bekerjasama dengan kios-kios dan toko. Nanti Bulog menyiapkan beras yang dijual oleh kios dan toko dengan harga sesuai standar Bulog," terangnya.

Sementara itu, ditanya kenaikan harga bapok lainnya Elmanani mengaku hanya terjadi pada komoditas beras. Bahkan sejumlah harga bahan pokok lainnya mengalami penurunan. 

BACA JUGA:Dampak El Nino, Petani di Metro Terancam Gagal Panen

"Bahan pokok lain malah turun harganya. Seperti telur, bawang yang beberapa waktu lalu juga naik sekarang turun. Jadi kenaikanya khusus di beras aja," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: