Waspada Dampak El Nino, Diskes Imbau Warga Jaga PHBS

Waspada Dampak El Nino, Diskes Imbau Warga Jaga PHBS

Foto : Kepala Dinkes Kota Metro Eko Hendro saat dikonfirmasi awak media, Kamis (7/9/2023).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Ini menyusul dampak panjang fenomena El Nino yang terjadi di Kota Metro. 

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kota Metro, Eko Hendro dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kamis (7/9/2023). Ia mengatakan, cuaca ekstrem dan kekeringan harus dijaga dengan pola hidup yang bersih dan sehat. Kemudian menjaga kesehatan dengan menyeimbangkan aktifitas dan istirahat. 

"Kami mengimbau masyarakat harus menjaga kesehatannya. Harus berimbang antara aktifitas dan istirahatnya. Biasanya orang sakit itu karena nggak ada keseimbangannya itu," ujarnya. 

Menurutnya, kendati cuaca ekstrem dampak El Nino mulai menyerang masyarakat, namun jumlahnya masih diambang batas. Contohnya pada  penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

"Penyakit ISPA masih di bawah ambang batas. Masih standar semuanya. Karena dampak El Nino ini banyak berdampak di pertanian, terkait dengan gagal panen. Kalau di kesehatan tidak berdampak secara signifikan," ujarnya. 

Ditanya mengenai pentingnya memakai masker, Eko mengakui masyarakat perlu memakai masker dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Ini seperti memakai kondisi banyak debu dan cuaca panas. 

BACA JUGA:Dampak El Nino Harga Beras Melambung Tinggi

"Ya kalau masker di rumah nggak perlu. Tapi kalau di jalanan berdebu, ya boleh-boleh saja. Cuma tidak diimbau resmi dari kita. Intinya banyak-banyak jaga stamina, cukup istirahat, makan-makanan yang bergizi dan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," pesannya. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, penerapan PHBS juga harus dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian rajin melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.

"Lalu memakan buah dan sayur, kontrol kesehatan, cek. Itulah yang kita imbau. Intinya kalau orang sakit itu karena tidak ada keseimbangan antara aktifitas dan waktu istirahat. Makanya kita nggak boleh terlalu memporsir dan menjaga keseimbangan tubuh," ungkapnya. 

Ia menambahkan, untuk di Kota Metro angka kasus Covid-19 sudah tidak lagi ditemukan. Karenanya memakai masker dapat dilakukan dalam kondisi tertentu saja. 

"Kalau memakai masker tidak harus. Apalagi terkait pandemi covid kan sudah tidak lagi. Nilainya sudah nol juga di Kota Metro. Jadi tidak ada lagi pandemi Covid di Kota Metro," bebernya. 

Meski demikian ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga PHBS. Kemudian menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. 

BACA JUGA:Dampak El Nino Harga Bapok di Metro Naik, Pemkot Gelar Bazar Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: