Aliran 'Ledeng' Yosodadi Mati, Dimanfaatkan Pelajar Untuk Bersihkan Sampah

Aliran 'Ledeng' Yosodadi Mati, Dimanfaatkan Pelajar Untuk Bersihkan Sampah

Foto : Massa bersih lingkungan di aliran air Jalan Pingled, Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro-(MH Naim)-

RADARMETRO - Puluhan pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta bersama organisasi Palang Merah Indonesia (Kota Metro) beramai-ramai bersihkan sampah yang ada di sepanjang aliran air alias Ledeng Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Jumat (8/9/2023).

Sebanyak 60 pelajar dari enam SMA/SMK didampingi para guru, dan anggota PMI Kota Metro nampak antusias dengan kegiatan yang dinamai Gerakan Bersih Lingkungan Kota Metro. 

Berbekal sapu, kantong sampah, dan peralatan kebersihan lainnya, mereka tak segan-segan turun ke dasar perairan untuk memunguti sampah.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Diawali dengan massa berkumpul di halaman SMA Yos Sudarso Metro untuk mendapatkan arahan. Kemudian, para peserta bersama-sama menyisir menyisir aliran air di Jalan Pingled, Yosodadi, Metro Timur. 

Selain membersihkan sampah di perairan yang dangkal, mereka juga turut memungut sampah plastik di jalanan dan dikumpulkan untuk selanjutnya dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan.

Salah seorang guru pendamping SMK 3 Metro Rohmat mengatakan gerakan bersih lingkungan dengan melibatkan pelajar tingkat SMA sederajat ini merupakan kali pertama sejak awal tahun 2023 yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Metro.


Foto 2: Terlihat para massa Bersih Lingkungan Kota Metro saat menyusuri aliran air Jalan Pingled, Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur.-(MH Naim)-

BACA JUGA:Siswa MuAD Metro Sabet Emas dan Perak di Ajang Kompetisi Sains Madrasah Nasional

"Kegiatan ini adalah kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh pemerintah kota yang dikoordinatori oleh PMI Kota Metro," ujar  Rohmat kepada radarmetro.disway.id.

Dalam kegiatan tersebut, kata Rohmat, masing-masing SMA/SMK di Kota Metro mengirimkan 10 pelajar yang tergabung dalam organisasi PMII di sekolah masing-masing.

"Kami ini berangkat sebagai undangan dari sekolah-sekolah yang berbasis PMI, maka kami mengirimkan 10 anak kelas X dan XI, karena anak-anak yang kelas XII masih PKL mereka," bebernya.

Menurutnya kegiatan dengan tema output semacam itu menjadikan pelajaran sangat antusias dan riang gembira.

"Anak-anak cukup senang, riang, karena memang kegiatan-kegiatan yang sifatnya evoria sekaligus sosial anak-anak itu senang sekali," tandasnya.

Selain itu, Rohmat menambahkan gerakan bersih lingkungan juga dapat mengajarkan para pelajar peka terhadap kebersihan di seluruh sudut Kota Metro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: