Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Walikota Launching Telemedicine

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Walikota Launching Telemedicine

Foto : Walikota Metro Wahdi secara resmi melaunching layanan kesehatan Telemedicine diterapkan di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro Metro secara resmi melaunching pelayanan kesehatan Telemedicine. Launching pelayanan kesehatan jarak jauh tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Metro Wah di di Ballroom Hotel Grand Skuntum, Selasa (12/9/2023).

Dalam sambutannya, Wahdi mengatakan, Telemedicine ini merupakan salah satu pelayanan kesehatan jarak jauh oleh pihak profesional kesehatan. Ini dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

"Pelayanan ini menjadi terobosan kita dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan masyarakat. Terutamanya mengatasi ataupun mengurangi AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi)," terangnya. 

Selain itu, lanjut Wahdi, pelayanan tersebut juga diberikan sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi angka kematian akibat penyakit katastropik seperti jantung, kanker, stroke, dan gagal ginjal. 

Karenanya, pemerintah melaksanakan transformasi teknologi kesehatan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan spesialistik. Ini untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas yang ada.

BACA JUGA:Berhasil Atasi Dampak El Nino, Mesuji Alami Surplus Beras

"Dengan telemedicine ini kedepannya dapat membantu masyarakat Kota Metro dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dengan layanan ini akan mempermudah masyarakat dalam melakukan konsultasi keluhan penyakit yang dimiliki. Selain itu dari pihak pelayanan kesehatan juga mudah membantu dan memberikan solusi yang terbaik," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro mengemukakan, bahwa telemedicine diberikan untuk mempermudah layanan kepada masyarakat. Ini terutama dari faskes pertama ke faskes rujukan. 

"Jadi dokter di faskes pertama di puskesmas itu mau konsultasi bisa melalui telemedicine, untuk mengetahui pasien memerlukan rujukan atau tidak. Ini sangat mempermudah komunikasi pelayanan kesehatan antara faskes pertama ke faskes rujukan," ungkapnya. 

Eko mengakui bahwa program ini baru pertama kali ini dilaunching di Kota Metro. Meski kata Eko inovasi sudah banyak di Kota Metro. 

"Kalau di Metro baru sekarang dilaunching untuk pertama kali. Tapi kalau inovasi di Metro banyak sudah seperti Jamapai itu inovasi," katanya. 

Ia berharap dengan layanan tersebut dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. 

"Jadi Telemedicine ini untuk mempermudah antar puskesmas dengan rumah sakit, mempermudah dari masyarakat dengan puskesmas. 

BACA JUGA:Sekda: Satgas Sudah Kerja Hadapi Kekeringan di Lampura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: