El Nino, Pemkab Mesuji Gencar Distribusikan Air Bersih Ke Sejumlah Desa

El Nino, Pemkab Mesuji Gencar  Distribusikan Air Bersih Ke Sejumlah Desa

Foto : Pemkab Mesuji terus bergeliat atasi dampak El Nino yang kini membuat masyarakat kesulitan air bersih dengan melakukan pendistribusian air bersih untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Mesuji Timur,Rabu(27/9/2023).-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten MESUJI selalu tanggap dan sigap menghadapi Bencana El Nino yang melanda semua daerah di Provinsi Lampung, tak terkecuali di Kabupaten MESUJI. Bahkan, beberapa desa di wilayah Kabupaten MESUJI telah mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Menghadapi permasalahan ini, Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs.Sulpakar,MM., melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji gencar mendistribusikan air bersih ke desa-desa, seperti yang di lakukan pada hari ini di beberapa desa di Kecamatan Mesuji Timur, rabu (27/09/2023).

Sesuai arahan langsung dari Pj.Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM Kepala Pelaksana BPBD Mesuji Sunardi Nyerupa,SE memimpin pasukannya untuk mendistribusikan air bersih di beberapa desa di Kecamatan Mesuji Timur.

"Kita terus mendistribusikan air bersih kepada masyarakat di beberapa desa yang telah mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Kita laksanakan kegiatan ini secara maksimal, bahkan beberapa hari yang lalu kita laksanakan hingga malam hari karena banyaknya permintaan masyarakat yang mengantri untuk mendapatkan air bersih yang kita sediakan,"ujar Sunardi.

BACA JUGA:Segera Ditutup Buruan Daftar PPPK Yuk, Ada 260 Formasi di Kota Metro

Sunardi menjelaskan, bahwa dampak El Nino di tahun ini begitu terasa sekali hampir sebagian besar wilayah Mesuji tidak turun hujan sehingga menyebabkan kekeringan dan kesulitan air bersih. "Alhamdulillah semangat dan motivasi yang bapak Sulpakar gelorakan menjadi kekuatan dan spirit bagi kami untuk terus memberikan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya air bersih," ujarnya.

Ditambahkannya, sebagian wilayah desa yang berdekatan dengan sungai juga sudah merasakan perbedaan sumber air yang ada di mana-mana sekarang air laut sudah naik menyebabkan sebagian sumber air di dekat sungai sudah terasa payau. 

"Bahkan lebih parahnya sudah ada yang asin sehingga tidak dapat di gunakan untuk kebutuhan sehari hari," tambah Sunardi.

Hari ini lanjut Sunardi, pihaknya kembali mendistribusikan air bersih di beberapa desa di Kecamatan kecamatan Mesuji timur.

Namun yang berbeda kali ini begitu spesial karena selain kendaraan pendistribusian air yang bertambah, pihaknya juga langsung di dampingi oleh tim dari BNPB dan BPBD Provinsi Lampung, kata Sunardi 

"Alhamdulilah perhatian dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung ke Kabupaten Mesuji begitu besar dalam menghadapi dampak El Nino ini. Sebab, selain beberapa armada pinjaman untuk pemadaman kebakaran, juga bantuan transportasi kendaraan guna pendistribusian air bersih juga ada bantuan dari Provinsi Lampung berupa logistik lainnya," papar Sunardi.

Sementara itu Penjabat Bupati Mesuji Drs. Sulpakar.MM., di sela kegiatannya menyampaikan perlunya peran serta semua pihak untuk saling bahu-membahu menanggulangi dampak El Nino yang kita rasakan pada saat ini baik pihak pemerintah, forkopimda, masyarakat dan swasta harus berperan aktif di tengah masyarakat.

Menurut Sulpakar, saat-saat seperti inilah masyarakat membutuhkan bantuan kita, dan keberadaan kita tengah mereka begitu di harapkan.

Tidak perlu saling menyalahkan dalam menyikapi fenomena ini yang terpenting kita harus bersatu untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Mesuji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: