Kalahkan Petahana, Hendry CH Bangun Terpilih Jadi Ketum PWI

Kalahkan Petahana, Hendry CH Bangun Terpilih Jadi Ketum PWI

Foto: Kongres PWI yang dilakukan di Bandung menjadikan Hendri CH Bangun sebagai ketua umum.-(Rico)-

RADARMETRO - Hendry Ch Bangun berhasil terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2023-2028, pada Kongres ke XXV di Bandung, Jawa Barat.

Hendri mengalahkan petahanan yang merupakan ketum PWI periode lalu Atal S Depari. 

Kongres yang dilaksanakan sejak 24 - 26 September 2023 tersebut, menjadi tonggak sejarah bagi PWI termasuk PWI Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, yang juga ikut menjadi saksi sejarah pada forum tertinggi dalam pengambilan keputusan organisasi pers tertua di Indonesia.

Kepemimpinan Atal Sembiring Depari sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2018 - 2023 pun resmi berakhir. 

Dikatakan Ketua PWI Tubaba, Dedi Priyono bahwa Kongres PWI XXV di Bandung memberikan kesan, pengalaman dan wawasan yang luar biasa bagi seluruh anggota PWI khususnya PWI Tubaba yang ikut berkumpul bersama PWI seluruh Indonesia. 

"Kongres PWI adalah pertemuan besar para pengurus organisasi wartawan yang lahir pada 1946. Pertemuan dari utusan seluruh Indonesia itu, untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan-keputusan tertentu, memilih Ketua Umum, membahas konstitusi dan program-program PWI secara Nasional," kata Dedi Priyono, Rabu (27/09/2023).

Menurutnya, Kehadiran PWI Tubaba dalam Kongres PWI Pusat ke 25 itu, berbarengan dengan rangkaian kegiatan Workshop Jurnalistik 2023 yang diprogramkan PWI Tubaba dalam Konferensi Kerja PWI V tahun 2022. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Pastikan Buka Kongres XXV PWI di Bandung

"Ini tonggak sejarah bagi PWI khususnya PWI Tubaba Tahun 2023, telah hadir dalam Kongres PWI ke 25 dalam jumlah anggota yang banyak bersama utusan PWI Provinsi Lampung. Kabupaten Tubaba menyumbang kehadiran anggota sebanyak 50 anggota dari 125 orang dari seluruh pengurus PWI Lampung," terangnya.

Lanjut dia, meskipun tidak memiliki hak untuk suara dalam pemilihan ketua umum PWI, kedatangan PWI Tubaba sebagai bentuk dukungan moril dan semangat kewartawanan dalam mengembangkan wawasan Jurnalistik dan organisasi kewartawanan. 

"Bagi PWI Tubaba, Tagline Sukseskan Kongres PWI XXV tidak hanya sekedar tulisan, kehadiran di lokasi kongres yang mengharuskan menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan darat dan laut, adalah bagian dari perjuangan menuju suksesnya Kongres PWI ke 25 dengan nilai-nilai Demokrasi keanggotaan yang Bermartabat," ujarnya.

Dia menjelaskan, banyak wawasan kewartawanan dan keorganisasian yang didapatkan, mulai dari silaturahmi wartawan PWI seluruh Indonesia, penyusun program, hingga proses menyusunan peraturan dasar peraturan rumah tangga (PD PRT) PWI, yang akan diberlakukan di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Dedi juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Ketua, Sekretaris dan jajaran pengurus teras PWI Provinsi Lampung, atas kesempatan yang diberikan untuk bersama-sama hadir dalam Kongres PWI di Bandung, Jawa Barat. 

"Keikutsertaan PWI Tubaba dalam Kongres Bandung, tidak lepas dari dukungan yang kuat PWI Provinsi Lampung yang di ketuai oleh Wirahadikusumah. Semua Ketua dan jajaran pengurus PWI Kabupaten Kota di Lampung diberi kesempatan yang sama ikut menyaksikan Kongres PWI Pusat." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: