Masalah Air Bersih, Pemkab Mesuji Luncurkan Delapan Armada ke Rawa Jitu Utara

Masalah Air Bersih, Pemkab Mesuji Luncurkan Delapan Armada ke Rawa Jitu Utara

Foto : Pemkab Mesuji terus gencar melakukan distribusi air bersih ke tujuh Kecamatan se-Mesuji secara roadshow, kamis(28/9/2023).-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Dampak El Nino begitu di rasakan di sebagian besar wilayah di Kabupaten MESUJI, hampir sebagian besar desa mengalami kekeringan sehingga tidak hanya masalah air bersih yang menjadi permasalahan penting namun masalah kesehatan masyarakat dengan banyaknya debu yang berterbangan dan juga bencana kebakaran hutan.

Pemkab Mesuji bergerak cepat menyikapi permalasahan dan dampak El Nino, setelah membentuk Tim Satgas Penanggulangan dampak El Nino Pemkab Mesuji di bawah komando Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM segera mengambil langkah langkah dan segera turun kelapangan.

Harus di akui keterbatasan yang dimiliki oleh Kabupaten Mesuji dari segi peralatan dan transportasi armada harus kita sikapi dan kita tidak mau tinggal diam dan menyerah, untuk menyikapi kendala tersebut.

"Kita sudah meminta bantuan tambahan transportasi dari Provinsi melalui BPBD Provinsi Lampung alhamdulilah kita di berikan pinjaman mobil untuk digunakan di Mesuji,"ujar Sulpakar.

Hari ini, pihaknya kembali mendistribusikan air bersih ke masyarakat desa yang ada Kabupaten Mesuji yang mengalami masalah kesulitan air bersih. "Hari ini delapan armada kita luncurkan ke Rawa Jitu Utara, untuk mengirimkan air bersih ke masyarakat di beberapa desa di Kecamatan tersebut," ujarnya, kamis (28/09/2023)


--

BACA JUGA:El Nino, Pemkab Mesuji Gencar Distribusikan Air Bersih Ke Sejumlah Desa

Sekali jalan satu armada mampu membawa 55.000 liter air bersih untuk di distribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

"Khusus hari ini kita pusatkan di kecamatan Rawa Jitu Utara, harapan kami dengan adanya pendistribusian air bersih ini dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat desa yang ada di kecamatan rawa itu Utara," terang Sulpakar.

Ketika ditanya terkait waktu pendistribusian air ini sampai kapan akan dilakukan, Sulpakar mengatakan bahwa ini akan terus dilakukan secara rutin kegiatan pendistribusian air bersih ini ke masyarakat dan dari kecamatan yang satu pindah ke kecamatan yang lain.

"Untuk wilayah yang sudah kita distribusikan air bersih yaitu di Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur,  Simpang Pematang, Panca jaya dan hari ini Kecamatan Rawa Jitu Utara hingga terus ke kecamatan yang lain yang belum secara bergiliran," tambah sulpakar.

Selain mendistribusikan Air Bersih, Pemkab Mesuji juga saat ini tengah disibukkan dengan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di beberapa tempat.

Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan sibuk menanggulangi kebakaran bekerja maksimal dan luar biasa bahkan hingga malam bahkan sampai menginap di lokasi.

"Mereka tidak mengenal waktu berjuang bersama BPBD, pihak swasta, Tagana, TNI/Polri dan masyarakat dan organisasi pemuda/masyarakat untuk memadamkan api di beberapa tempat,"tegas Sulpakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: