5 Pojok Literasi KWT di Ngestirahayu Program PPK ORMAWA Himadikmi UM Metro Sukses Beroperasi

5 Pojok Literasi KWT di Ngestirahayu Program PPK ORMAWA Himadikmi UM Metro Sukses Beroperasi

Foto: Mahasiswa UM Metro saat mengikuti program pojok literasi.-(Fenny)-

RADARMETRO - Setelah dinyatakan lolos program PPK ORMAWA Kemdikbud-Ristek Tahun 2023, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) mulai melaksanakan program dengan topik Desa Cerdas. 

Mengangkat judul “Pengembangan Desa Cerdas melalui Pojok Literasi untuk

Meningkatkan Life Skill KWT Desa Ngestirahayu Menuju Kemandirian Ekonomi” Himadikmi bertekad ingin membuat 5 pojok literasi sebagai pusat pembelajaran ibu-ibu KWT.

Desa Ngestirahayu (mitra PPK Ormawa) merupakan salah satu desa yang ada di Kemacetan Punggur, desa ini merupakan desa binaan Universitas Muhammadiyah Metro, sesuai dengan MoU Nomor: 547/II.3.AU/F/UMM/2022 antara Rektor Universitas Muhammadiyah Metro dengan Camat Punggur. 

Kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Metro dengan Desa Ngestirahayu sudah terdaftar ke dalam sistem informasi Indeks Desa Membangun (IDM) Kementerian Desa yang dapat di akses melalui akun desa.

Adapun 5 pojok literasi tersebut terdapat di 5 KWT yaitu (1) Sekar Wijaya Kusuma dusun 5, (2) Sekar Rahayu dusun 4, (3) Sekar wangi dusun 4, (4) Rosalia dusun 3, dan (5) Cendana dusun 1. 

Kelima pojok literasi telah melaksanakan kegiatan literasi yaitu membaca buku dan pembelajaran. 

Kegiatan literasi dan pembelajaran di pojok-pojok literasi tersebut sudah dimulai pada awal bulan September 2023.

Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing menyampaikan hasil kegiatan. 

BACA JUGA:SMA Yos Sudarso Metro Adakan Volleyball Competition 2023, Catat Jadwalnya

"Program ini merupakan salah satu upaya perguruan tinggi membantu masyarakat mengatasi permasalahan, terkhusus dalam program yang akan dilaksanakan Himadikmi yaitu dengan mitra KWT di Desa Ngestirahayu Punggur Lampung Tengah," ungkapnya. 

Fajri juga menyampaikan, keterkaitan PPK Ormawa Himadikmi dengan SDG’s yaitu tentu sangat terkait erat. 

"Dengan topik desa cerdas dan mengangkat judul Pengembangan Desa Cerdas Melalui Pojok Literasi Untuk Meningkatkan Life Skill KWT Desa Ngestirahayu Menuju Kemandirian Ekonomi, tentu menjadi salah satu program upaya dalam mewujudkan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global. Dengan membuat 5 titik pojok literasi dimana menjadi pusat pembelajaran mitra bahkan masyarakat, tentu hal ini sangat sejalan dengan SDG’s," tambahnya. 

Adapun jika dilihat dari 17 tujuan SDG’s, maka tujuan yang sejalan dengan PPK Ormawa Himadikmi yaitu 1) Tanpa Kemiskinan, hal ini tentu sangat keterkaitan dengan PPK Ormawa Himadikmi dengan meningkatkan kompetensi SDM mitra yaitu KWT harapannya mitra bisa mandiri dalam ekonomi dan endingnya tentu sejalan dengan tujuan tujuan SDG’s yaitu Tanpa Kemiskinan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: