Tim PPK Ormawa Himmat UM Metro Lakukan Pendampingan Pembuatan Alat Penyiraman Digital

Tim PPK Ormawa Himmat UM Metro Lakukan Pendampingan Pembuatan Alat Penyiraman Digital

Foto: Mahasiswa UM Metro saat menyosialisasikan teknologi digital.-(Bungsu)-

RADARMETRO - Tim PPK ORMAWA HIMMAT UM Metro melaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan alat penyiraman digital berbasis mobile bersama warga Desa Sidodadi, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (28/09/2023).

Pendampingan pembuatan alat penyiraman ini berlangsung di lahan pertanian warga Desa Sidodadi yang dibuka resmi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Nurul Farida, M.Pd. 

Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 30 orang warga Sidodadi yang terdiri dari gabungan Kelompok Wanita Tani (KWT), petani milenial, Karang Taruna, dan GAPOKTAN.

Pendampingan pembuatan alat penyiraman digital berbasis mobile ini melibatkan empat dosen pendidikan matematika yaitu Nurul Farida, M.Pd, Ira Vahlia, M.Pd, Satrio Wicaksono Sudarman, M.Pd, dan Rina Agustina, M.Pd, serta 12 anggota tim PPK ORMAWA HIMMAT.

Satrio Wicaksono Sudarman, M.Pd mengungkapkan dalam sambutannya tentang alat penyiraman digital berbasis mobile ini merupakan inovasi yang luar biasa di bidang pertanian karena sangat memudahkan warga dalam menyiram tanaman tanpa datang langsung di lahannya. 

Dan semoga alat ini bisa membantu warga desa sidodadi dalam proses tanaman khususnya sayuran.


Foto: Tim PPK ORMAWA HIMMAT UM Metro melaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan alat penyiraman digital berbasis mobile bersama warga Desa Sidodadi-(Bungsu)-

Nurul Farida, M.Pd menyampaikan bahwasannya semoga alat penyiraman digital berbasis mobile dapat bermanfaat untuk Desa Sidodadi dan semoga dengan adanya inovasi ini memberikan semangat baru kepada petani milenial.

Respons dari Kepala Desa Agus Sarwoko menyampaikan sebuah harapan agar tetap mendampingi dan terus membersamai dalam mengembangkan alat penyiraman digital berbasis mobile, karena tim PPK Ormawa sangat memberikan dampak yang luar biasa di desa ini untuk melakukan perubahan di era zaman modern.

Adapun pendampingan kali ini dibimbing langsung oleh Arif Sulistiyo, S.Pd.T selaku pemateri pendampingan pembuatan alat penyiraman digital berbasis mobile.

Arif Sulistiyo, S.Pd.T mengungkapkan tentang alat penyiraman menggunakan android yang hampir setiap warga di Desa Sidodadi miliki sebagai acuan untuk mempermudah penyiraman tanaman. 

Dalam kegiatan ini, Sulistiyo memperkenalkan cara baru penggunaan aplikasi penyiraman digital dengan timer. 

“Dengan memanfaatkan android, dapat mempermudah warga dalam penyiraman tanaman dari jarak jauh,” ujarnya.

Melalui pendampingan pembuatan alat penyiraman digital berbasis mobile ini diharapkan petani yang ada di Desa Sidodadi dapat memanfaatkannya dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: